Apakah Perlu Ganti Oli Mesin Jika Motor Jarang Dipakai?
Apakah Perlu Ganti Oli Mesin Jika Motor Jarang Dipakai?

Apakah Perlu Ganti Oli Mesin Jika Motor Jarang Dipakai?

Ganti Oli Mesin Jika Motor Jarang Dipakai – Oli mesin merupakan komponen yang sangat penting untuk motor. Mengganti oli mesin secara berkala merupakan aktivitas yang harus dilakukan untuk pemilik kendaraan, tak terlepas sepeda motor.

Hal ini untuk memberikan performa mesin yang lebih nyaman waktu dikendarai, menggunakan oli baru juga bisa mencegah mesin motor menjadi cepat rusak.

Namun masih saja dijumpai sejumlah pengendara sepeda motor yang tidak rutin mengganti oli tepat waktu. Tentu dampaknya pada mesin motor bisa menjadi cepat panas dan performa mejadi tidak maksimal.

Terkait : Suzuki Satria Hiu, Motor 2 Tak Bekas Dibanderol Puluhan Juta

Saat Yang Tepat Mengganti Oli Motor

Lalu apa perhitungan waktunya untuk mengganti oli sepeda motor? Dikutip dari oto.detik pengendara motor disarankan untuk melakukan penggantian oli motor setelah menempuh jarak 2.500 sampai 3.000 km atau dapat mengikuti buku panduan yang ada.

Lalu bagaimana untuk motor yang sangat jarang dipakai? Walaupun belum mencapai jarak sampai 2.500 km namun ada baiknya untuk tetap mengganti oli mesin dengan yang baru.

Karena setelah oli masuk ke dalam komponen mesin, oli akan bercampur dengan komponen mesin yang lain. Bahkan bisa jadi diantaranya adalah berupa debu dan kotoran, dan bahan lainnya.

Namun yang jadi pembeda ialah bila motor sering dipakai untuk beraktivitas ditentukan oleh jarak yang telah ditempuh, maka motor yang jarang dipakai harus diganti olinya dalam jangka waktu 6 bulan sampai 1 tahun.

Motor Jarang Dipakai Lebih Cepat Rusak

Walaupun jarang digunakan, bukan berarti motor dibiarkan begitu saja ya. Justru motor yang jarang dipakai ini akan menjadi lebih mudah rusak daripada motor yang sering digunakan, tetapi dirawat secara teratur.

Terkait:   Remap ECU Standar Motor, Ini Syaratnya

Tips bagi kamu yang ingin berkendara dengan sepeda motor dan motornya telah disimpan di garasi dalam waktu lama, maka jangan lupa untuk memanaskan motor terlebih dahulu.

Caranya cukup gampang, hidupkanlah mesin motor dengan memakai kick starter untuk mengurangi beban yang ada pada dinamo starter. Setelah mesin menyala, biarkan mesin dalam kondisi menyala selama kurang 1 sampai 2 jam.

Sedikit tambahan, bila kamu punya sepeda motor dan jarang dipakai usahakan untuk menyimpan motor di tempat yang kering, pakailah standar ganda dan kuras tangki bensin supaya lebih aman.

Selain itu juga bersihkanlah motor secara berkala, pakailah kain lap kering dan lembut supaya tidak menimbulkan goresan halus pada motor kamu.

Baca Juga : Ciri-Ciri Karburator Ninja Ori

Check Also

penyebab ban motor bocor halus

Mengapa Ban Tubeless Motor Sering Kempis, Ini 3 Penyebabnya

Ban Tubeless Motor Sering Kempis – Ban tubeless saat ini banyak dipakai oleh produk motor …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *