Masih Raja Jalanan, Ini Tipe Yamaha RX King Dari Masa Ke Masa (Part 2)

Artikel ini ialah kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul : Masih Raja Jalanan, Ini Tipe Yamaha RX King Dari Masa Ke Masa (Part 1)

Model motor Yamaha RX King

Terkait: Remap ECU Standar Motor, Ini Syaratnya

Berikut ini adalah varian motor Yamaha RX-King dari tahun 80 an sampai model terakhir yang dirilis pada tahun 2002 yang bersumber dari berbagi artikel.

Yamaha RX-Z, tahun 1985
yamaha rx-z
yamaha rx-z

Di pasar Asia Tenggara, motor ini khusus dikembangkan di Negeri Jiran, Malaysia. Khusus pasar Cina, motor dengan model ini dikembangkan di Taiwan, dengan nama RZ-X 135. Hanya dibedakan dari namanya saja. Di negeri Jiran, Malaysia, motor ini dirilis kali pertama tahun 1985 dan berakhir pada tahun 2008. Dengan dibekali mesin yang berkode 2UX, motor ini mengambil dasar mesin dari motor yang telah melegenda yaitu Yamaha RD 125.

Yamaha RX-R, tahun 1988
yamaha rx-r
yamaha rx-r

Inilah salah satu motor Yamaha RX series yang sulit ditemukan di Indonesia. karena Unitnya yang tidak banyak beredar disebabkan karena kurang populer jika dibandingkan dengan saudaranya, RX-Special. Untuk diketahui, ukuran kubikasi mesin motor ini sama dengan RX-Special, cuma warnanya saja yang membedakan. Dengan spesifikasi mesin yang mirip dengan sang kakak, RX-Special yaitu bermesin 2 langkah, single silinder, berkubikasi 115cc juga telah dibekali dengan pendingin udara. Motor ini mampu memberikan tenaga maksimum sebesar 15,2 Hp pada 8.500 rpm, juga torsi maksimum sebesar 13,5 Nm pada 8.000 rpm.

Yamaha RX-King Master, generasi kedua tahun 1996
yamaha rx king master
yamaha rx king master

Untuk generasi kedua motor model ini disebut King Master. Perbedaannya ialah kode blok mesin yang di rubah menjadi Y1-74. Mesin ini telah bisa diproduksi oleh Yamaha Pulogadung, Jakarta. Model Yamaha RX-King ini mulai diproduksi dari tahun 1996 sampai 2001. Yang menjadi perbedaan paling terlihat dari model lawa ialah adanya bentuk ukiran tulisan “Yamaha” di blok mesin.

Yamaha New RX-King, tahun 2002
yamaha new rx king
yamaha new rx king

Yamaha New RX-King menjadi Tipe Yamaha RX King Dari Masa Ke Masa yang terakhir. Generasi ketiga model ini mulai keluar pada yahun 2002, yang juga banyak dikenal dengan nama New King. Ubahan desain yang dilakukan Yamaha dengan model motro ini ialah: headlamp model yang bulat, dan dipasangnya teknologi AIS (Air Induction System). Teknologi ini mampu menyuntik udara segar masuk ke dalam leher knalpot. Pengaplikasian teknologi AIS ini bekerjasama dengan Catalic Converter yang ada pada knalpot, yang berfungsi mengurangi kadar emisi gas buang. Oleh karena itu, motor Yamaha New RX-King ini telah memenuhi standar EURO.

Itulah sekilas perjalanan sejarah panjang sang raja, Yamaha RX-King. Motor 2 tak legenda yang sejak dari tahun 80an sampai 2000an, masih banyak menemani pengguna moda transportasi di Indonesia. Walaupun saat ini sudah tidak produksi lagi, motor ini masih menjadi legenda yang pastinya tidak bisa dihilangkan dari ingatan para rider roda dua.

Baca Juga: Ganti Part Ini Jika Roda Motor Terasa Goyang Ketika Mengerem

  • Leave a Comment