bensin tidak naik
bensin tidak naik

Jangan Panik, Ini Penyebab Bensin Mobil Tidak Naik

Penyebab Bensin Mobil Tidak Naik – Pernahkah terjadi pada kamu saat setelah mengisi bahan bakar dengan penuh akan tetapi bensin mobil tidak naik? Hal ini bisa membuat mesin berhenti dan mobil akan mogok saat di perjalanan. Apa yang jadi penyebabnya?

Kondisi bahan bakar mobil tidak bisa naik ialah kondisi di mana bensin tak dapat mengalir ke dalam deliveri pipe untuk bisa sampai ke injektor. Baik itu mobil dengan sistem injeksi, atau dengan sistem karburator.

Karena hal tersebut diatas, maka mobil akan berjalan tidak optimal dan mesin terasa seperti mau mati. Ada saatnya juga ketika distarter tidak bisa langsung menyala bahkan mesin sampai mati mendadak dan mogok di tengah jalan. Hal ini pastinya sangat mengganggu kenyamanan dalam berkendara apalagi bila kamu sedang dalam perjalanan kerja atau terburu-buru.

Cara kerja pasokan bahan bakar untuk pembakaran mobil

Terkait: Cara Mudah Merawat Cat Bodi Mobil

Sebelum kita membahas mengenai Penyebab Bensin Mobil Tidak Naik, ada baiknya kita memahami mengenai sistem pasokan bahan bakar elektronik alias electronic fuel injection (EFI) secara singkat.

Untuk sistem bahan bakar injeksi ini telah ada sejak lama dan menggantikan sistem pasokan bahan bakar karburator. Tidak hanya di mobil saja, akan tetapi sistem injeksi ini juga telah banyak digunakan pada motor.

Sistem karburator dan injeksi

Jika pada sistem bahan bakar karburator volume pasokan bahan bakar seluruhnya tergantung dari kekosongan yang ada pada bagian venturi karburator, maka dengan sistem injeksi ini menjadi lebih canggih dan modern.

fuel injector
fuel injector pada sistem injeksi

Sistem pengapian injeksi ini akan mengevaluasi kondisi mesin secara menyeluruh dengan menggunakan sejumlah sensor. Sensor ini akan memberikan data dan dianalisa menguunakan komputer. Setelah itu kemudian akan memberikan perintah untuk menyemburkan bahan bakar ke dalam mesin dengan jumlah yang tepat sesuai kebutuhan dijalan melalui injektor.

karburator mobil
karburator mobil

Oleh karena itu, sistem injeksi ini telah didukung dengan beberapa komponen krusial yakni seperti ECU (Electronic Control Unit), injektor dan berbagai sensor. ECU ini ialah otak yang nantinya akan mengatur sistem injeksi mobil secara menyeluruh.

Terkait:   Mau Tahu Kekurangan dan Kelebihan Mazda 2 2010? Ada Disini

Semua data yang diambil oleh sensor-sensor ini lalu diolah oleh ECU untuk kemudian memberi perintah untuk menentukan volume bahan bakar yang harus disemprotkan injektor.

Sebab Bensin Mobil Tidak Naik

Dibawah ini ialah berbagai faktor yang biasanya menjadi penyebab bensin mobil tidak naik, diambil dari berbagai sumber:

  1. Penyebab pertama yang umum ialah sistem kelistrikan atau kabel yang telah usang antara relay fuel pump dengan fuel pump. Kabel atau soket bisa saja telah berumur lama dan menjadi getas atau hangus. Periksa dengan seksama kondisi soket dan kabel pada bagian ini.
  2. Bagian fuel pump mobil yang rusak atau sudah uzur. Fuel pump yang telah rusak dan lama dapat menjadi salah satu penyebab bensin mobil tidak naik. Selain itu juga karena pemakaiannya yang lama, kerap terdapat kerak yang berasal dari kotoran dan mengendap di tangki bensin.
  3. Kondisi Fuel Filter yang Kotor, filter bensin atau fuel filter yang kotor bisa jadi merupakan penyebab lainnya bahan bakar tidak mampu naik ke injektor atau karburator.
  4. Periksa juga relay Fuel Pump. Siapa tau telah rusak atau kontak relay nya yang usang sehingga menjadikan arus listrik tidak bisa mengalir dan menggerakan fuel pump.

Baca Juga: Cara Mengatasi Motor Mio Kurang Tenaga

Check Also

kaca mobil

Rekomendasi Jenis Kaca Film Mobil Yang Bagus

Rekomendasi Jenis Kaca Film Mobil Yang Bagus – Tidak cuma membikin hawa dalam kabin mobil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *