yamaha mio
yamaha mio

Cara Mengatasi Motor Mio Kurang Tenaga

Cara Mengatasi Motor Mio Kurang TenagaYamaha Mio ialah varian skutik yang diproduksi oleh pabrikan motor Yamaha Indonesia Motor Manufacturing sejak tahun 2003.

Pendahulu Yamaha Mio yaitu Nouvo sangat terpengaruh dengan desain model bebek underbone. Desain Yamaha Mio sendiri menganut desain murni bodi skuter. Hal ini jelas terlihat dari lingkar roda yang kecil (14 inchi) dan terdapat jarak yang cukup luas antara dua sumbu roda.

Mesin Motor Mio

Terkait: Cara Mudah Meningkatkan Kecepatan Motor Matic Injeksi

Dibekali mesin yang full otomatis, dan mempunyai kapasitas 113 cc ini mempunyai tenaga yang cukup dan cocok untuk konsumen Indonesia.
Transmisi otomatis motor ini menjadi perhatian khusus dalam kampanye marketing yang saat itu punya jargon ‘otomatis dahulu’ yang bermaksud menunjukan ke pembeli jika Mio memang mendahului produksi motor matik jika dibandingkan dengan saingan terdekatnya yakni Suzuki Spin dan Honda Vario.

Masalah Motor Mio Kurang Tenaga

Akan tetapi masalah yang sering ditemukan bagi pemilik Yamaha Mio ialah Motor Mio kurang tenaga ketika ditanjakan atau ngempos ketika digas.

Penyakit motor Mio Sporty ini bisa terjadi karena berbagai hal seperti piston yang telah aus (baret). Jika memang piston telah aus, maka memang harus diganti dengan yang baru.

Masalah motor matic mio yang digas namun ngempos juga umumnya dapat dipicu oleh filter udara yang kotor dan tidak sempurna. Untuk diketahui jika posisi filter udara ada pada bagian bawah dan sangat rentan menampung kotoran bahkan sampai kemasukan air. Hal ini umum terjadi pada saat musim hujan dimana genangan atau banjir banyak terjadi. Kotoran dan debu tersebut nantinya akan terakumulasi dan bisa menghambat aliran udara untuk masuk ke dalam ruang bakar.

Terkait:   Honda Pitung C70, Bebek Lawas yang Mahal

Cara Mengatasi Motor Mio Kurang Tenaga

Dibawah ini ialah tips untuk mengatasi Motor Yamaha Mio yang kurang tenaga. Ada baiknya diperiksa bagian-bagian berikut ini:

Karburator

Pada Motor Mio yang telah berumur diatas 5 tahun, bisa dipastikan jika sistem suplai bakarnya masih memakai karburator. Mio lama tersebut menggunakan karbu untuk pencampuran bensin dan udara, sehingga menghasilkan tenaga untuk membuat motor melaju. Setelan yang tidak pas antara udara dan bahan bakar seperti dilansir dari https://kiatalamisehat.blogspot.com/ menjadi salah satu faktor penyebab Motor Mio Kurang Tenaga.

Cek Busi Motor

Cara mengatasi Motor Mio Kurang Tenaga berikutnya ialah cara memeriksa busi motor. Komponen ini merupakan salah satu bagian mesin penting karena jika busi motor dalam keadaan kotor atau perlu diganti, maka akan menjadikan motor Mio kurang tenaga saat digas atau tanjakan.

Memeriksa Jarum Skep

Cara mengatasi motor mio kurang tenaga nomor selanjutnya ialah setelan dari jarum skep. Untuk bagian ini perlu dilakukan penyetelan ulang, yang menjadi bagian karburator karena tenaga mesin yang optimal bisa juga disebabkan karena jarum skep yang setelannya tidak pas atau tidak tepat.

Mengecek Filter Udara

Untuk tahapan yang kedua yang harus kita cek ialah filter udara pada motor mio kita, filter udara mungkin ialah salah satu sparepart yang terkadang tidak kita ketahui atau malah kita lupakan dalam perawatan motor mio kita. Padahal peran dari filter udara ini sendiri sangatlah fital yakni untuk membantu menyaring udara yang akan masuk kedalam ruang bakar mesin motor mio kita.

Baca Juga: Penyebab Busi Motor Cepat Mati

About admin oto

Check Also

motor bebek underbone

Ini Motor Bebek Underbone Yang Pernah Berjaya Pada Masanya

Motor Bebek Underbone – Pada masanya motor bebek underbone pernah membanjiri jalanan di Indonesia. Setelah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *