Periksa 7 Penyebab Mobil Jadi Boros Bensin Ini

Penyebab Mobil Boros Bensin – Pada dasarnya setiap kendaraan mempunyai standar konsumsi bensin yang telah ditentukan pabrikan. Seperti konsumsi bensin saat luar kota dan dalam kota. Akan tetapi ada beberapa penyebab bensin mobil boros dan tidak disadari oleh pengendara.

Seperti jika kamu telah berkendara secara eco driving, akan tetapi konsumsi bahan bakar tetap boros, berarti mobil yang kamu pakai terdapat beberapa masalah teknis.

Dilansir dari situs Suzuki, terdapat tujuh pemicu konsumsi BBM boros yang tanpa kamu sadari. Seperti dari telat ganti oli mesin, sampai knalpot bocor. Simak artikel dibawah ini:

Penyebab Mobil Boros

Terkait: Tau Nggak Kalau Tekanan Udara Ideal Ban Bisa Diukur Pakai Tangan

1. Kondisi filter bensin kotor

Filter bensin berfungsi untuk menyaring kotoran dari tangki bensin ke mesin, standarnya filter bensin ini harus dibersihkan secara berkala dan diganti pada 30 ribu km sampai 40 ribu km. Supaya bensin yang masuk ke ruang bakar terjaga kualitasnya.

2. Terlambat ganti oli

Penyebab mobil boros bensin berikutnya bisa juga karena terlambat ganti oli. Jika kendaraan rutin diservis, maka harus otomatis ganti oli. Ini penting, apalagi untuk mobil yang dipakai harian dan selalu terkena macet.

3. Filter udara kotor

Penyebab bensin boros juga bisa karena filter bensin yang kotor. Bagian ini juga perlu dibersihkan dengan rutin agar pasokan udara bersih ke mesin optimal dan mesin bisa bekerja dengan sempurna. Jika filter udara kotor maka akan mengurangi kualitas pasokan udara yang bersih ke dalam dapur pacu.

4. Ban mobil

Ban mobil juga dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Seperti misalnya mengganti ukuran ban dengan ban yang lebih besar, ini akan membuat bahan bakar mobil boros karena beban gesek yang terjadi di ban serta bobotnya menjadi bertambah. Laju mobil juga akan terpengaruhi dan membuat boros bensin. Jadi pikirkan dulu jika kamu ingin mengganti ukuran ban untuk modifikasi.

5. Knalpot Bocor

Yang sering luput dari perhatian ialah knalpot bocor. Bisa jadi pemicu bensin boros ialah knalpot yang bocor dan gas buangan dari mesin menjadi besar. Ketika sistem bermasalah pada pembuangan gas mobil bocor, maka bensin yang dikonsumsi juga akan meningkat.

6. Pemakaian AC yang berlebihan

Waktu siang hari saat cuaca panas, banyak orang yang memakai AC mobil sampai suhu dingin. Untuk diketahui jika cara ini bisa membuat bahan bakar mobil boros. Saat suhu AC sangat dingin, maka kompresor yang memompa refrigrant akan membagi daya. Hasilnya, power mesin akan berkurang dan kompresor AC akan berfungsi lebih keras. Kamu biasanya akan menginjak pedal gas lebih dalam agar mobil berjalan sesuai kebutuhan.

7. Bahan bakar yang tidak tepat

Biasanya untuk menghemat pengeluaran, kualitas bahan bakar akan menjadi pertimbangan. Salah satu penyebab bensin boros juga dapat disebabkan salah menggunakan tipe bahan bakar. Memakai bahan bakar yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan, dapat membuat sistem pembakaran menjadi tidak optimal.

Baca Juga: Indikator di Dashboard Menyala Terus Waktunya Filter Solar Harus di Ganti

  • Leave a Comment