Indikator di Dashboard Menyala Terus Waktunya Filter Solar Harus di Ganti

187 View

Waktunya Filter Solar Harus di Ganti – Saat filter bahan bakar kotor atau tersumbat, biasanya terdapat indikasi atau tanda berupa lampu indikator filter bahan bakar diesel yang akan menyala pada dashboard.

Indikasinya ialah lampu indikator yang berwarna kuning berbentuk logo mesin pompa bahan bakar SPBU yang di bawahnya ada sepasang garis tegak dan 8 buah bulatan. Begitu lampunya menyala, filter solar (filter bahan bakar) mesti langsung diganti.

Waktu Ganti Filter Solar, Ini Tandanya

lampu indikator
Waktunya Filter Solar Harus di Ganti

Berapa Harga filter bahan bakar diesel ini? Tentunya bervariasi dan tergantung jenis mobilnya. Buat contoh harga filter bahan bakar Toyota Fortuner diesel itu sekitar Rp 245.000 sedang untuk Isuzu Panther hanya Rp 50.000.

filter solar
filter solar

Jika ada komponen sistem bahan bakar yang bakal terpengaruh oleh penggunaan biodiesel B20, biasanya yaitu filter bahan bakar. “Terutama saat pemakaian awal saat ganti dari bahan bakar diesel biasa ya, filter bahan bakar akan lebih cepat kotor,” ungkap Didi Ahadi, Department Head Technical Support Toyota Astra Motor

Hal ini terjadi oleh karena biodiesel B20 ini memiliki senyawa ester yang mampu merontokkan kotoran dalam tangki bahan bakar dan saluran bahan bakar atau fuel line.

Terkait:   Penyebab Bunyi "Gluduk-Gluduk" di Honda Freed

Filter solar mesin diesel adalah alat penting yang diperlukan untuk menjaga mesin diesel tetap berfungsi dengan baik. Filter solar memungkinkan kotoran dan debu untuk ditangkap sebelum masuk ke mesin, sehingga menghindari kerusakan yang disebabkan oleh partikel-partikel yang berbahaya. Dengan mengganti filter solar secara teratur, Anda dapat memastikan bahwa mesin diesel Anda berfungsi dengan baik dan memberikan performa yang terbaik.

Selain itu, filter solar mesin diesel juga berfungsi sebagai alat perlindungan lingkungan. Filter ini menangkap partikel-partikel berbahaya sebelum mereka dapat menyebar ke udara dan membuat udara lebih bersih. Dengan mengganti filter solar secara teratur, Anda dapat memastikan bahwa udara di sekitar mesin tetap bersih dan aman.

Sumber: https://otomotifnet.gridoto.com/read/02269308/indikator-menyala-terus-tanda-filter-solar-sudah-kotor#!%2F

Baca Juga : Ini Sebabnya Mesin Suka Loyo Setelah Berusia Di Atas 5 Tahun

Gallery for Indikator di Dashboard Menyala Terus Waktunya Filter Solar Harus di Ganti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *