cara menghemat bensin
cara menghemat bensin

Kiat Cara Menghemat Bensin

Cara paling efisien dalam menghemat BBM sebenarnya ialah untuk mengurangi pemakaian intensitas pemakaian kendaraan Anda.

Akan tetapi dengan sibuknya aktivitas Anda setiap hari, maka untuk mengurangi pemakaian kadang kendaraan tidak mungkin dipraktekkan.

Oleh karena itu, cara lain untuk menghemat bensin ialah melakukan kebiasaaan dalam berkendara yang bisa menghemat konsumsi bahan bakar setiap harinya.

Cara Menghemat Bensin Mobil

Terkait: Lampu Indikator Motor Injeksi Menyala Terus, Tanda Motor Mulai Rusak?

Dibawah ini ialah beberapa kiat untuk Anda sebagai pengguna mobil untuk menghemat pemakaian BBM mobil Anda.

1. Sebelum membeli bensin, perhatikan Kode Depan Pom SPBU Pertamina

Terdapat 3 kategori SPBU Pertamina, yaitu pertama Corporate Owner Corporate Operate (COCO) yang dioperasikan oleh perusahaan pemilik SPBU itu sendiri, kedua Corporate Owner Dealer Operate (CODO) yang dioperasikan dealer, dan ketiga Dealer Owner Dealer Operate (DODO).

Dengan demikian kualitas SPBU model COCO bisa dibilang lebih baik jika dibandingkan CODO dan DODO. Apabila memungkinkan, lebih baik Anda mengisi BBM di SPBU Pertamina dengan berkode depan 31, atau angka kedua 1 untuk di wilayah selain Jakarta, Jawa Barat, dan sekitarnya.

2. Usahakan Mengisi BBM di Pagi Hari

Pada dasarnya semua SPBU mempunyai tangki penyimpanan ditanam di bawah tanah. Jika semakin dingin suhu tanah, maka akan semakin padat atau kental BBM. Selain itu, bila temperatur bertambah hangat atau bahkan semakin panas, maka bisa dipastikan bensin atau solar akan mulai mengembang.

Terkait:   Cara Gampang Ini Bisa Bedakan Oli Palsu dan Asli

Dengan mengisi BBM di pagi hari ketika temperatur tanah masih dingin akan maksimal jika dibandingkan Anda mengisi bahan bakar pada siang hari. Jumlah bahan bakar yang diisikan ke dalam tangki kendaraan Anda akan lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah liter yang Anda beli, walaup hal ini tidak terlalu mencolok.

3. Memakai Alat Penghemat BBM

Dipasaran terdapat banyak berbagai jenis dan merek alat penghemat BBM. Tidak ada salahnya untuk dicoba, biasanya dengan penambahan aditif untuk bensin akan memaksimalkan performa mesin dan membuat tarikan mesin jadi lebih enteng. Dengan demikian konsusmi bensin akan lebih irit.

4. Menambah Kecepatan Secara Bertahap

Kiat Cara Menghemat Bensin berikutnya ialah menambah kecepatan secara bertahap. Bila Anda menekan pedal gas secara mendalam dan tiba-tiba, biasanya mesin akan mengkonsumsi BBM lebih besar.

Injak pedal gas secara bertahap dengan mengikuti putaran mesin dan RPMnya.

5. Pemakaian AC Yang Berlebihan

Pemakaian AC juga bisa membuat konsumsi BBM cepat habis. Jika memang udara masih segar dan bersih, maka AC mobil bisa dimatikan.

Akan tetapi jika udara diluar sudah panas, maka AC bisa kembali dinyalakan. Menyalakan AC ketika parkir untuk periode yang lama, saat macet dan tanjakan akan merupakan beberapa penyebab konsumsi bensin boros.

Aturlah pemakaian AC dengan bijak sesuai dengan keadaan untuk mengemat pemakaian bensin mobil.

Baca Juga: Tipe Panther Paling Bandel dan Nyaman

Check Also

filter ac mobil

4 Jenis Filter Mobil Yang Harus Rutin Diperiksa dan Diganti

Untuk para pengemudi mobil, biasanya terdapat masa dimana terlalu sibuk untuk melakukan service rutin. Apalagi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *