Berapa KM Ganti Oli Mobil Avanza Seharusnya Dilakukan?

Otodomain – Salah satu pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh pemilik mobil Avanza ialah berapa km ganti oli mobil avanza idealnya? Nah dibawah ini ialah artikel mengenai pertanyaan diatas yang diambil dari doktermobil.com.

Berapa KM Ganti Oli Mobil Avanza?

Untuk penggantian oli mobil pada mesin mobil Avanza ialah sesuatu yang mandatori. Karena jika terlambat untuk dilakukan penggantian oli, maka mobil kamu bisa timbul masalah dan mengakibatkan performa kendaraan menurun.

Dibawah ini ialah masalah yang dapat muncul jika oli mobil Avanza tidak diganti pada waktunya :

  1. Konsumsi Bensin Mobil jadi lebih boros
  2. Timbul suara berisik dari dalam mesin mobil
  3. Menurunnya performa (faktor tenaga dan akselerasi mobil)

Dengan demikian, penggantian oli mobil Avanza secara berkala harus dilakukan. Namun demikian, kamu tidak dengan bisa sembarangan untuk menentukan waktu untuk ganti oli Avanza.

lakukan pemeriksaan rutin mobil

Jika terlalu sering mengganti oli mobil maka pengeluaran kamu otomatis akan membengkak. Apalagi jika harga oli mobil sedang mahal. Namun bila kamu telat mengganti oli, maka kinerja mobil akan menurun, yang menjadikan umur spare part akan pendek.

Sesuaikan Dengan Pedoman Perawatan Pabrikan

Bila kita membaca dengan baik, maka akan ditemukan pedoman pabrik yang menyatakan kalau penggantian oli mobil Avanza yang direkomendasikan ialah dilakukan pada setiap 10.000 KM.

Namun rekomendasi itu tidak bisa dijadikan pedoman baku. Karena kualitas oli mobil yang tidak sama dan kehilangan kemampuan untuk pelumasan saat KM masih kurang dari 10.000 KM.

Selain itu juga pemakaian sehari-hari yang harus disesuaikan dengan kondisi jalan dan cara mengemudi. Meski belum lebih dari 10.000 KM, beberapa mobil sudah harus diganti olinya setiap beberapa bulan, meskipun KM masih rendah.

Terkait:   Fiat Uno, Harga, Spesifikasi, Kelebihan dan Kelemahannya

Perhatikan Usia Oli Mobil

Apabila mengacu pada usia oli mobil, maka mobil Avanza harus diganti olinya setiap kira-kira 1 tahun sekali, walaupun mobil tidak dibawa jalan.

Dengan seiringnya waktu, maka kualitas oli mobil akan mengalami penurunan. Dan mengakibatkan pada oli mobil tidak layak pakai.

Jangan ragu untuk selalu mengecek kondisi mesin oli mobil Avanza kamu. Jika ada sesuatu yang dirasa kurang nyaman, maka segera datangi bengkel mobil langganan.

Nah diatas ialah pedoman kapan dan tiap berapa KM ganti oli mobil Avanza yang seharusnya dilakukan. Semoga bermanfaat ya.

Baca Juga : Suara Mesin Mobil Mendengung, Ternyata Ini Penyebabnya

Check Also

bunyi berdengung dalam mobil

Penyebab Bunyi Berdengung Saat Mobil Jalan

Jika mobil berjalan dengan normal, maka suara yang ada didalam kabin khas dengan suara mesin, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *