Jangan Sepelekan, Ini Penyebab Busi Mobil Basah

Penyebab Busi Mobil BasahBusi berasal dari bahasa Belanda, bougie yang aslinya merupakan bahasa Prancis, sedangkan bahasa Inggrisnya ialah spark plug. Busi ini merupakan komponen yang berfungsi untuk melakukan pembakaran bahan bakar setelah dikompres oleh piston dan dipasang di dalam mesin pembakaran.

Percikan elektrik yang dihasilkan pada bagian tengah busi terdapat elektrode yang terhubung dengan kabel ke koil pengapian (ignition coil) di luar bagian busi, dan dengan ground pada bagian bawah busi, sehingga terbentuk suatu celah percikan di dalam silinder.

Nikola Tesla, Richard Simms, dan Robert Bosch mendapatkan hak paten untuk busi ini.

Terkait: Kapasitas Oli Mesin Ayla Dan Spesifikasinya

Mesin pembakaran internal bisa dibagi menjadi mesin dengan percikan, yang diperlukan busi untuk memercikkan campuran antara bensin dengan udara, dan mesin kompresi (mesin Diesel), yang tanpa percikan, mengkompresi campuran bensin dan udara sampai terjadi percikan dengan sendirinya (jadi tidak memerlukan busi).

Cara kerja busi

Busi tersambung ke tegangan yang besarnya ribuan Volt yang dihasilkan oleh koil pengapian. Tegangan listrik yang berasal dari koil pengapian akan menghasilkan beda tegangan antara elektrode yang berada pada bagian tengah busi dengan yang ada di bagian samping.

Arus listrik tidak bisa mengalir karena bensin dan udara yang ada di bagian celah merupakan isolator, namun demikian semakin besar perbedaan tegangan, struktur gas yang ada di antara kedua elektrode tersebut menjadi berubah.

Ketika tegangan tersebut melebihi kekuatan dielektrik dari gas yang ada didalamnya, kandungan gas tersebut akan mengalami proses ionisasi. Yang tadinya bersifat insulator, akan berubah menjadi konduktor.

Setelah proses ini terjadi, maka arus elektron bisa mengalir, seiring dengan mengalirnya elektron, suhu pada celah percikan busi akan naik drastis, sampai 60.000 K.

Suhu ekstrim ini akan membuat gas menjadi terionisasi dan memuai sangat cepat, menjadi seperti ledakan kecil. Inilah yang dinamakan percikan busi, yang pada prinsipnya sama dengan mini halilintar atau mini petir.

Penyebab Busi Mobil Basah

Setelah mengetahui prinsip kerja busi diatas, dibawah ini ialah sebab busi mobil basah yang harus kamu ketahui.

  1. Pemakaian bahan bakar yang tidak sesuai

Memakai bahan bakar yang tidak sesuai dengan spek mesin juga dapat menjadi penyebab busi mobil basah dan menghitam. Kamu bisa memperhatikan kadar oktan yang tertera dan sesuai dengan acuan pabrikan mobil.

  1. Pembakaran bahan bakar yang tidak efisien

Sesuai dengan takaran Air Fuel Ratio (AFR), dinyatakan jika perbandingan bahan bakar dengan udara ialah 1:14. Waktu udara berada pada level lebih rendah dari 14, maka ketika itulah akan terjadi kondisi “banjir” bahan bakar.

  1. Kondisi filter udara kotor

Salah satu penyebab busi mobil basah berikutnya ialah kondisi filter udara mobil yang kotor. Hal ini ini sangat mungkin terjadi jika kamu tidak dengan rutin melakukan perawatan mobil seperti memeriksa kebersihan filter mobil. Jika banyak debu dan kotoran yang sudah sudah lama menumpuk, maka akan terbentuk enddapan kotoran pada permukaan filter.

  1. Pemakaian busi yang tidak sesuai

Jangan gunakan busi yang tidak sesuai dengan spek mesin. Pakailah busi sesuai standar yang telah ditentukan agar performa mesin mobil menjadi maksimal.

  1. Oli mesin rembes

Penyebab Busi Mobil Basah yang terakhir ialah oli mesin yang merembes. Penyebab kebocoran oli dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti boring tergores, seal klep bocor, piston aus, dan ring piston yang mulai melemah.

Baca Juga: Berapa KM Ganti Oli Mobil Avanza Seharusnya Dilakukan?

  • Leave a Comment