Lebih Nyaman, Apa Saja Kelebihan Dan Kekurangan Bus Tronton?

Kelebihan Dan Kekurangan Bus Tronton– Sejalan dengan pesatnya perkembangan infrastruktur jalan tol di Nusantara, industri bis juga ikut tumbuh. Salah satu caranya ialah makin maraknya penggunaan bus tronton yang dipakai untuk armada oleh berbagai perusahaan otobus (PO) di Indonesia.

Untuk kamu yang belum tahu, istilah bus tronton ini merujuk pada istilah kendaraan yang punya tiga axle atau sumbu. Bus ini mempunyai panjang 1,5m lebih jika dibandingkan dengan bus-bus regular. Selain daipada itu, bus tronton ini pun mampu mengadopsi berbagai jenis bodi bus yang ada seperti high decker sampai double decker.

Apa itu bus tronton

Terkait: Gambar Bus Keren Modifikasi Indonesia

Disebut bus tronton karena jumlah sumbu yang dimilikinya dan jumlah rodanya sama dengan truk tronton, yang berjumlah tiga/triple axle.

Selain itu juga, bus tingkat menurut PP Nomor 55 Tahun 2012 mengenai kendaraan, harus mempunyai jumlah berat yang diperbolehkan minimal 21 ton. Kemampuan untuk membawa berat yang sebesar itu dimumpuni oleh bus dengan tiga as roda ini.

Bus yang punya tiga as roda ini memiliki tenaga dan torsi yang cukup mumpuni. Untuk urusan tenaga, rata-rata bus dengan tiga as roda buatan eropa punya minimal 400 tenaga kuda dan torsi di atas 1000Nm.

Bus triple axle ini termasuk dalam kelas premium. Pada saat ini hanya pabrikan eropa saja yang membuat sasis bus dengan jumlah tiga yang banyak digunakan, yakni seperti Volvo, Scania, MAN dan Mercedes-Benz. Selain daripada itu hanya untuk harga sasisnya bisa merogoh kantong mulai dari Rp 1,5 m.

Kelebihan bus tronton

Terus apa saja kelebihan bus tronton ini?

Hal yang pertama ialah sudah pasti lebih nyaman saat dinaiki, selain itu juga mengurangi limbung karena tiga asnya. Jika dibandingkan dengan bus biasa sudah pasti terasa lebih premium dan naik kelas. Kenyamanan ini dihasilkan oleh bus tronton karena rata-rata sasisnya telah memakai suspensi udara. Dengan demikian, ditambah infrastruktur jalan yang baik dan bus yang memakai air suspension membuat kenyamanan penumpang bertambah.

Kelebihan bus tronton yang berikutnya ialah saat manuver tidak terasa limbung, walaupun sudah dipasang bodi bus yang tinggi. Hal ini merupakan efek sumbu roda yang berjumlah tiga pada sasisnya.

Berikutnya ialah penampakan bus yang lebih premium dan prestise. Karena di Indonesia saat ini hanya beberapa pabrikan saja yang mengeluarkan sasis tronton ini yakini MAN, Mercedes Benz, Scania, dan Volvo. Selain itu harga sasisnya yang juga masih tinggi dikisaran Rp 1,5 m.

Kekurangan bus tronton

Pada dasarnya kekurangan bus tronton saat ini hanya dari harga sasisnya yang cukup mahal. Dengan demikian dapat berpengaruh kepada harga tiket yang mahal karena harga busnya juga tinggi.

Untuk pemilihan sasis bus tronton biasanya telah diperhitungkan oleh PO Bus. Jika diukur dari dimensi bodi bus, maka sasis tronton mampu memuat penumpang lebih banyak, tetapi masih tetap nyaman.
Jika menggunakan konfigurasi 2-2, untuk bus reguler hanya muat 40 seat, naumn dengan memakai sasis tronton bisa melar sampai 56 seat ditambah toilet.

Baca Juga: PO Haryanto, Dari Tentara Menjadi PO Bus Sukses

  • Leave a Comment