aki mobil
aki mobil

Penyebab Aki Mobil Cepat Habis Alias Tekor

Penyebab Aki Mobil Cepat Habis – Aki atau baterai di mobil dapat menurun performanya alias tekor. Apabila sudah tekor, maka mobil tidak lagi enak untuk dikendarai. Pada dasarnya terdapat beberapa faktor yang membuat aki mobil lebih cepat tekor atau habis.

Baterai mobil (aki) merupakan komponen penting sebagai sumber listrik pada mobil. Listrik ini penting salah satunya ialah untuk memberikan sumber listrik saat menstarter mobil saat akan dinyalakan.

Ciri-ciri Aki Mobil Mulai Lemah

Terkait: Jangan Sepelekan, Ini Penyebab Busi Mobil Basah

Sebelum kita mengetahui Penyebab Aki Mobil Cepat Habis Alias Tekor ada baiknya kita mengenal tanda aki mobil mau habis. Aki kendaraan yang sudah mulai lemah dapat diketahui sejak awal. Apabila mesin mobil terasa sukar untuk di starter, maka dapat dipastikan performa aki sudah mulai melemah.

alternator aki mobil
alternator aki mobil

Batere mobil yang sudah lemah tidak dapat memberikan daya listrik dengan baik ke seluruh bagian kelistrikan yang diperlukan agar mesin bisa menyala. Hal ini berakibat mesin mobil akan susah saat dinyalakan.

Salah satu pertanda aki yang lemah ialah jika suara klakson terdengar pelan. Selain itu juga lampu-lampu indikator yang ada di dashboard mobil akan meredup atau pada beberapa merk mobil akan berkedip-kedip. Biasanya kedua indikasi itulah yang menjadi ciri-ciri aki mobil mulai lemah.

Oleh karena itu sangat penting untuk selalu melakukan permiksaan aki mobil secara rutin.

Terkait:   Bengkel Shockbreaker Spesialis Mobil Di Surabaya

Sebab Aki Mobil Cepat Habis

Lalu apa penyebab aki mobil tekor? Simak uraiannya dibawah ini yang diambil dari berbagi sumber:

  1. Pemakaian mobil

Pemakaian mobil yang kontinu secara harian ternyata juga mampu menyebabkan aki soak. Karena listrik pada aki akan terpakai setiap hari untuk menyuplai berbagai komponen mobil yang membutuhkan daya listrik.

Mobil yang jarang digunakan juga bisa menjadi penyebab utama aki soak, karena perlu diketahui, komponen kelistrikan seperti alarm mobil dan lainnya tetap menguras aki walaupun mobil dalam keadaan mati dan terparkir lama.

  1. Alternator aki rusak

Alternator mobil ialah sebuah komponen mobil yang gunanya untuk menghasilkan daya listrik untuk semua komponen yang membutuhkan aliran listrik. Komponen tersebut berupa AC, lampu mobil, dan audio mobil. Selain daripada itu, alternator pun berfungsi untuk mengisi aki mobil ketika berjalan supaya stabil tegangannya.

Jika alternator aki rusak atau drop, maka bisa dipastikan aki mobil tidak akan terisi saat diperlukan. Mobil akan mengambil daya listrik langsung ke aki dan menyebabkan Aki Mobil akan Cepat Habis Alias Tekor.

  1. Pemakaian aksesoris mobil

Saat ini memodifikasi mobil untuk sebagian orang sudah menjadi hobi. Akan tetapi jika melakukan modifikasi dengan cara memasang aksesoris mobil seperti audio dan video secara berlebihan akan cepat membuat aki tekor.

Baca Juga: Masih Raja Jalanan, Ini Tipe Yamaha RX King Dari Masa Ke Masa (Part 1)

Daftar Isi

Terkait:   Pilih Mana Aki Basah Atau Aki Kering?

Check Also

Touring Motor

Pilihan Motor Cocok Untuk Touring Yang Sesuai Budget

Touring Motor – Saat ini di Indonesia, pecinta motor jenis petualang atau motor adventure bisa …

Leave a Reply

Your email address will not be published.