penyebab ban motor bocor halus
penyebab ban motor bocor halus

Mengapa Ban Tubeless Motor Sering Kempis, Ini 3 Penyebabnya

Ban Tubeless Motor Sering KempisBan tubeless saat ini banyak dipakai oleh produk motor di Indonesia karena lebih praktis jika dibandingkan ban biasa yang masih memakai lapisan ban dalam.

Selain daripada itu ban tubeless juga lebih mudah ditambal bila terdapat kebocoran, karena dapat di tambal dari permukaan luar.

Walupun demikian, ban jenis tubeless ini juga tak bisa lepas dari permasalahan ban umum yaitu seperti sering kempis dikarenakan udara yang dapat keluar secara lambat.

Dibawah ini ialah 3 penyebab utama ban tubeless motor yang sering kempis.

  1. Ban Bocor halus

Walau disebut-sebut sebagai ban yang anti bocor. Faktanya ban tubeless ini juga dapat mengalami kebocoran yang halus kapan saja. Hal ini disebabkan saat motor berjalan di wilayah bebatuan atau berkerikil yang cukup tajam menjadikan lubang kecil pada ban tubeless tersebut.

Terkait: Cara Paling Mudah Memperbaiki Klakson Motor Mati dan Rusak

Kondisi bocor halus ini biasanya akan dirasakan pada 1-2 hari ketika memakai sepeda motor, di mana ban motor secara lamabat laun terasa mengempis setelah dipakai berkendara.

  1. Kondisi pentil ban motor yang kendor

Periksalah pentil ban motor secara berkala, karena ban tubeless juga bisa kempis dikarenakan hal ini. Pentil ban yang mungkin terpasang agak kurang rapat atau kendur bisa menjadi penyebabnya. Kondisi ini bisa membuat udara yang ada di dalam ban lambat laun keluar saat motor dipakai.

Untuk itu jika kamu baru saja mengisi udara pada ban motor, pastikan selalu memeriksa jika pemasangan pentilnya sudah benar atau belum. Caranya ialah dengan cara mengoleskan air pada ujung pentil. Bila ada gelembung udara yang keluar dari pentil ban maka pemasangannya kurang pas.

Terkait:   Memilih Jok Motor yang Sesuai Buat Riding Kamu Biar Nyaman

Terkait: Pasang Roller Terbalik, Part CVT di Motor Matic Cepat Rusak

Selain dari pada itu, umur pentil ban motor juga bisa mempengaruhi kondisinya dalam menahan udara keluar dari ban. Hal ini bisa saja jika memang dirasa sudah terlalu lama ban motor digunakan, kamu dapat segera melakukan penggantian pentil ban motor dengan yang baru.

  1. Kotoran yang menempel pada ban

Ban Tubeless Motor Sering Kempis bisa jadi juga disebabkan oleh batuan atau kotoran yang menempel pada pinggiran velg dan ban motor tubeless. Hal ini juga mampu menjadi salah satu faktor yang menjadikan ban tersebut kempis.

Butiran pasir atau debu ini biasanya akan mengisi ruang antara ban dan velg, apabila tidak segera dibersihkan maka dapat membuat celah dan membuat udara didalam ban lambat laun keluar. Hal ini berakibat ban motor kamu dapat kempes tanpa disadari.

Solusinya ialah dengan cara melakukan pembersihan pada komponen ban sewaktu-waktu. Ini bisa dilakukan dengan cara mencopot ban dari velg-nya terlebih dahulu dan kemudian menyingkirkan pasir atau debu yang menempel disekitarnya.

Baca Juga : Serasa Baru Lagi, Cara Gurah Mesin Motor Sendiri

About admin oto

Check Also

motor bebek underbone

Ini Motor Bebek Underbone Yang Pernah Berjaya Pada Masanya

Motor Bebek Underbone – Pada masanya motor bebek underbone pernah membanjiri jalanan di Indonesia. Setelah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *