Kawasaki Binter Merzy, Motor Lawas Yang Masih Dicari

Binter Merzy – Untuk pecinta motor lawas, maka Kawasaki Binter Merzy memang masih menjadi idola dan banyak diburu saat ini.

Dengan tampilan tangki yang kotak dan lampu depan bulat, desain motor Kawasaki Binter Merzy ini memang tampak biasa saja untuk ukuran motor lawas era 80-an.

Kawasaki Binter merzy
Kawasaki Binter merzy

Akan tetapi sepeda motor dengan balutan mesin 200 cc yang memberikan tenaga sebesar 17 dk, motor yang nama aslinya KZ200 ini jelas merupakan kubikasi paling besar di antara tipe motor Binter lainnya di Indonesia.

Antik dan Gahar

Tentunya dengan tenaga mesin yang gahar ditambah desain yang antik, riding diatas Binter Merzy saat ini sudah tentu membuat pemotor lain tercuri perhatiannya dan melirik motor legendaris keluaran Kawasaki tersebut.

KZ200 ini yang dirilis tahun 1976 menjadi salah satu motor hobi (collectible item) yang harganya masih tinggi di pasaran.

binter merzy
iklan lawas binter merzy

Binter Merzy ini tidak mempunyai harga pasaran yang tetap, karena motor ini telah menjadi barang incaran kolektor motor. Jika telah full restorasi maka harganya bisa diatas Rp 40 jutaan.

Selain itu juga Binter Merzy telah lama menjadi motor untuk bahan yang keren untuk dimodifikasi ke bentuk apapun.

Jika suka original look pasti akan merestorasinya seperti bentuk asli, karena untuk mencari sparepart-nya bisa dibilang tidak terlalu sukar. Namun ada juga yang mempunyai Binter Merzy untuk dimodifikasi custom menjadi bentuk Chopper, Bobber dan lainnya.

Dengan besutan mesin 200 cc Binter Merzy ini mempunyai tenaga yang besar dan responsif. Sehingga menjadikan mesin dan desain motor ini sangat pas dan sesuai untuk bergaya.

Cuma Dijual 6 Tahun

Nama Binter Merzy ini sendiri asalnya ialah dari sebutan orang Indonesia. ”Binter” ialah singkatan dari ”Bintang Terang” atau PT Bintang Terang Indonesia (BTI), yang merupakan distributor Kawasaki di Indonesia pada era 80-an lalu.

binter merzy1
menjadi base untuk modifikasi

Namun sejarah mencatat umur motor Binter Merzy ini cukup pendek. Motor keren ini cuma dijual selama 6 tahun yang dimulai dari tahun 1980 – 1986. Karena PT BTI saat itu bangkrut menjadikan sejarah kelam untuk Kawasaki di Indonesia.

Walau perusahaannya telah bangkrut, namun Motor Binter Merzy ini masih tetap terjaga. Nama Binter Merzy masih menjadi primadona sampai sekarang. Penggemarnya sangat banyak dan unit yang beroperasi di jalan juga merupakan motor rawatan dan bukan motor butut.

Selain menjadi motor koleksi, Binter Merzy sudah umum menjadi basis motor kustom. Salah satu alasannya ialah mesin 200cc-nya yang terkenal bandel. Secara desain juga sedap dilihat walaupun termasuk mesin tua dan umurnya yang sekarang sudah lebih dari 30 tahun.

Baca Juga : Plus dan Minus Yamaha Mio Lama

  • Leave a Comment