astrea prima
astrea prima

Kelebihan dan Kekurangan Honda Astrea Prima, Masih Banyak Yang Naksir

Kelebihan dan Kekurangan Honda Astrea Prima – Motor Honda Astrea Prima pernah menjadi idola motor bebek pada zamannya. Namun saat ini modelnya sudah jauh ketinggalan jaman. Akan tetapi masih banyak yang naksir dan memburu motor underbone pabrikan Honda motor ini.

Motor bebek Honda Astrea Prima ini sangat populer pada tahun 90-an, dan merupakan model lanjutan dari pendahulunya yakni Honda Astrea 800 dan Astrea Star.

Kelebihan Honda Astrea Prima

Terkait: Beberapa Penyebab Oli Mesin Sering Berkurang

Motor Honda Astrea Prima ini merupakan turunan dari model Honda Super Cub. Setelah Super Cub, kemudian dilanjutkan dengan Honda Astrea 700, Astrea 800, kemudian Astrea Star dan terakhir ialah Astrea Prima.

Walaupun demikian, untuk eranya performa mesinnya sudah cukup mumpuni untuk dipakai sebagai motor harian.

honda astrea prima
honda astrea prima

Dibawah ini ialah kelebihan dari Honda Astrea Prima:

1. Suspensi yang empuk

Motor Astrea Prima ini ialah motor generasi pertama yang mengaplikasikan fitur suspensi teleskopik pada bagian roda depannya. Pada generasi motor honda sebelumnya suspensi ayun masih dipakai.

Salah satu keunggulan dari kaki-kaki teleskopik ini ialah saat dilakukan pengereman terasa lebih nyaman jika dibandingkan sistem ayun.

2. Performa mesin yang bandel

Saat itu seluruh komponen mesin Astrea Prima ini masih dikirim dari Jepang untuk kemudian dilakukan perakitan di Indonesia. Spek mesin Astrea Prima ini memiliki silinder tunggal dan kapasitas 97 cc. Tipe mesinnya itu 4 tak, dan OHC pendinginan udara.

Tenaga yang dihasilkan dari mesin ini ialah 8,9ps/8000rpm, Untuk torsi maksimalnya ialah 8,9ps/8000rpm dengan rasio kompresinya 9:1. Pada sistem pembakaran bahan bakarnya digunakan karburator Keihin 16 inci. Ukuran tangki bensinnya dapat menampung sekitar 3,7 liter, serta oli mesin yang berkapasitas 0,9 liter.

Terkait:   Motor Berat Saat Ngebut? Inilah Salah satu Ciri-Ciri CDI Motor Rusak
3. Electric Starter

Kelebihan Astrea Prima lainnya ialah electric starter. Motor ini telah dibekali dengan tombol elektrik starter. Saat itu belum banyak motor bebek yang memakai electric starter. Umumnya motor saat itu hanya diberikan kick starter saja untuk menyalakan motor secara manual.

Kekurangan Honda Astrea Prima

Walaupun menjadi motor favorit pada saat itu, Motor Astrea Prima mempunyai kekurangan. Dibawah ini ialah kekurangan Honda Astrea Prima:

Warna dan Desain Monoton

Pilihan warna Astrea Prima sangat monoton, hal ini yang menjadi salah satu kekurangannya. Saat itu pilihan warna motor ini hanya tersedia dengan warna putih hitam atau full hitam.

Pilihan warna putih hitam, hanya bagian yang berwarna hitam terletak pada body-nya, untuk warna putih terlihat pada bagian sayapnya. Kemudian pada tahun 1991, Astrea Prima seri limited edition dirilis dan menawarkan warna hitam penuh termasuk juga pada bagian sayapnya.

Baca Juga: Ciri-Ciri Karburator Ninja Ori

About admin oto

Check Also

sim c baru

Tiga Jenis SIM C Baru Dan Biaya Bikinnya

Belum lama ini Kepolisian Republik Indonesia menerbitkan peraturan mengenai golongan SIM (Surat Izin Mengemudi) baru …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *