honda supra 100

Motor Legendaris, Ini Kekurangan dan Kelebihan Honda Supra 100 cc

Kekurangan dan Kelebihan Honda Supra – Sebagai salah satu produk motor bebek yang pernah merajai penjualan di Indonesia, Honda Supra 100 cc memang sangat legendaris. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan Honda Supra ini, keberadaannya telah ikut meramaikan moda transportasi di Indonesia.

Saat kali kali dirilis pada tahun 1997, motor ini cepat mendapatkan atensi dan mencuri perhatian di Indonesia. Untuk generasi pertama Supra ini diberi nama Honda Astrea Supra. Walaupun beda sedikit dengan Honda Astrea yang masih mengusung desain kuno, Honda Supra ini telah punya tampilan yang jauh lebih modern dan jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Ciri Khas Honda Supra 100 cc

Terkait: Tips Mudah Mengenali Stang Seher Motor yang Rusak

Salah satu ciri khas Honda Supra ini ialah pada headlight yang masih memakai model lama juga rem depannya masih menggunakan teromol. Kemudian di tahun 2001, Honda memberikan sentuhan baru untuk model Supra ini yakni dengan melakukan penggantian bagian lampu depan dengan model diamond cut juga merubah rem depan menjadi cakram.

Selain daripada itu, warna oranye yanga ada pada Astrea Supra dirubah menjadi warna bening. Warna striping yang cerah dan dinamis diberikan untuk meberikan kesan modern dan sporty.

honda supra fit
Honda supra fit 100 cc

Kelebihan Honda Supra 100cc

Walaupun motor ini sudah lawas dan sulit ditemukan, akan tetapi masih banyak pecinta motor yang memburu motor 4 tak ini sebagai koleksi. Di bawah ini ialah kelebihan Honda Supra 100 cc:

Terkait:   Tips Agar Harga Jual Mobil Bekas Tinggi
Mesin Tangguh

Ketangguhan mesin Honda Supra ini sudah terbukti pada eranya. Mesin yang berkapasitas 100 cc ini mampu bersaing dengan para lawan sekelasnya pada volume penjualan kala itu.

Irit Bensin

Kelebihan Honda Supra 100cc berikutnya ialah irit bahan bakar. Untuk konsumsi BBM 1:50 sudah merupakan ukuran standar untuk motor ini. Oleh karena itu motor ini sangat laris, karena selain harganya yang murah motro ini sangat irit untuk dipakai harian.

Bodi Motor Yang Langsing

Dengan desain bodi motor yang langsing, motor Honda Supra ini sangat mudah saat berada di kemacetan. Motor ini sangat cocok untuk dipakai para komuter yang setiap hari harus menembus kemacetan di kota-kota besar.

Untuk hal kecepatan, Supra Fit 100 memang tergolong biasa saja. Akan tetapi dengan desain bodinya yang langsing memudahkan para penggunanya bisa keluar dari kemacetan sehari-hari.

Kekurangan Honda Supra 100cc

Dibawah ini ialah beberapa kekurangan dari motor Honda Supra 100cc:

Desain Motor

Sebagai motor yang dipakai untuk komuter, memang saat itu belum banyak tersedia fitur-fitur yang mendukung seperti motor saat ini. Tampilan motor terlalu standar dan membosankan, serta lekat dengan image motor untuk bapak-bapak dan ojek pangkalan saat itu.

Kurang Spontan

Kelemahan Honda Supra berikutnya ialah hentakan atau dorongan tidak terlalu kuat jika dibandingkan dengan motor sekelasnya. Tarikan motor yang kurang spontan menjadikan motor ini tidak cocok jika dipacu pada kecepatan tinggi ketika jarak jauh.

Tenaga Motor

Tenaga mesin yang dihasilkan oleh motor ini juga dirasa kurang. Saat itu banyak yang memodifikasinya dengan cara menambahkan kopling manual, akan tetapi efek tenaganya masih kurang. Selain daripada itu, motor ini dirilis saat masa transisi dari perusahaan Federal Motor ke AHM, banyak pembeli Honda motor sebelumnya yang kecewa oleh kualitas motor Honda Supra 100 cc ini, apalagi bila dibandingkan dengan motor Honda bebek sejenis.

Terkait:   Perkiraan Biaya Modifikasi Motor Retro Yang Nggak Mahal

Baca Juga: Penyebab Gigi Persneling Motor Keras dan Tidak Bisa Netral

Check Also

sim c baru

Tiga Jenis SIM C Baru Dan Biaya Bikinnya

Belum lama ini Kepolisian Republik Indonesia menerbitkan peraturan mengenai golongan SIM (Surat Izin Mengemudi) baru …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *