toyota avanza
toyota avanza

Sejarah Mobil Toyota Avanza dan Desainnya

Mobil Toyota Avanza ialah salah satu jenis mobil yang terlaris penjualannya di Indonesia. Saking larisnya, mobil ini telah mendapatkan julukan sebagai mobil sejuta umat, sebabnya karena paling banyak ditemukan di jalanan.

Banyak faktor yang membuat mobil Toyota Avanza sangat populer, seperti keberadaan sparepart yang banyak serts harganya yang cukup terjangkau. Selain itu juga kecenderungan masyarakat di Indonesia untuk membeli mobil yang bisa memuat banyak, oleh karena itu varian mobil yang satu ini cukup laris penjualannya.

Sejarah Toyota Avanza

Terkait: Mobil Listrik Toyota Proace City, Bisa Tempuh 280 Km Sekali Charge

Mobil Avanza dan Daihatsu Xenia ialah proyek mobil kembar yang merupakan ide bersama dari pabrikan Toyota dan Daihatsu Indonesia, setelah krisis moneter tahun 1998/1999. Alasannya, disebabkan oleh krismon pada saat itu, harga mobil baru untuk keluarga seperti Toyota Kijang menjadi tidak terjangkau dan naik sampai tiga kali lipat atau sekitar Rp 180 jutaan pada saat itu.

Mobil Toyota Avanza diluncurkan pada tanggal 11 Desember 2003 atau bersamaan dengan event Gaikindo Auto Expo. Saat itu mobil kembar ini ditawarkan hanya dengan 2 varian yakni 1.3 E dan 1.3 G, dan hanya memakai transmisi manual saja.

Fitur yang membuat beda pada kedua varian ini ialah kelengkapan serta harganya. Untuk model mobil Avanza yang terendah memang sedikit fitur, salah satunya ialah masih memakai pelek kaleng, juga AC yang belum memakai double blower.

Terkait:   Keok di Penjualan, Nissan Indonesia Akan Berubah Menjadi Importir

Desain toyota avanza dari tahun ke tahun

Saat ini Avanza telah beranjak dewasa, sudah lebih dari 17 tahun berada di masyarakat Indonesia. Dalam perjalanannya, Avanza hanya sampai generasi kedua, lalu perubahan signifikan apa saja yang ada pada mobil yang punya julukan mobil sejuta umat ini.

Avanza generasi pertama
toyota avanza 2004
toyota avanza 2004

Saat kali pertama diperkenalkan, mobil generasi pertama dari Toyota Avanza ini diluncurkan dalam 2 pilihan tipe yaitu 1.3 G dan 1.3 E dan berkode mesin (K3-DE). Saat itu, tipe 1.3 G yang baru hanya tersedia dalam transmisi manual 5-percepatan.

Avanza facelift 2006
toyota avanza 2006
toyota avanza 2006

Setelah 3 tahun dirilis, Mobil toyota Avanza terdapat penyegaran tampilan di tahun 2006. Saat itu seluruh tipe mobil ini sudah terbekali oleh dapur pacu mesin VVT-i. Selain daripada itu, terdapat juga perubahan di segi eksterior yaitu pada grille depan, lampu belakang, serta bagian interior yang lebih segar.

Avanza facelift 2008
toyota avanza 2008
toyota avanza 2008

Selang 5 tahun berikutnya, Toyota Avanza ini kembali mendapatkan sentuhan desain baru. Sentuhan ini ialah dengan menambah desain model atap yang lebih bergelombang gunanya untuk mengurangi bagian yang terkena air waktu hujan. Di sisi interior, juga mendapat perubahan yang dilakukan, membuat tampilannya terlihat lebih elegan. Walaupun demikian secara tampilan menyeluruh, Avanza tidak mendapatkan perubahan yang drastis.

Generasi kedua Avanza tahun 2011
toyota avanza 2011
toyota avanza veloz 2011

Setelah 8 tahun mempunyai wajah yang hampir sama, Toyota lalu meluncurkan Avanza generasi kedua di tahun 2011. Toyota Avanza generasi kedua ini dirilis dan mulai dijual di awal tahun 2012.

Avanza facelift 2013
toyota avanza 2013
toyota avanza facelift 2013

Kemudian pada tahun 2013, fitur keamanan ditambah oleh Toyota dengan menambah ubahan yang fokusnya ialah pada bagian interior mobil, salah satunya ubahannya ialah dengan adanya Dual Airbag pada semua tipenya.

Terkait:   Penyebab Koil Mobil Mati Yang Sering Ditemukan
Avanza facelift 2015
toyota avanza 2015
toyota avanza facelift 2015

Di tahun 2015 Toyota melakukan sentuhan mobil sejuta umatnya ini melalui varian Grand New Avanza. Dari ubahan tersebut, dapat terlihat jika bagian depan mempunyai tampilan baru (Keen Look) yang terlihat lebih elegan karena adanya sentuhan krom pada bagian kisi-kisi radiator. Velg mobil juga mendapatkan desain baru sehingga tampil kelihatan lebih atraktif.

Avanza facelift 2019
toyota avanza 2019
toyota avanza 2019

Ubahan terbaru Avanza terjadi di tahun 2019 dimana Toyota memperbarui Avanza dengan merubah tampilan depan Avanza menjadi terlihat lebih wah. Salah satunya ialah lampu utama LED yang digunakan terinspirasi dari desain Toyota Alphard Vellfire.

Baca Juga: Pengaruh PPnBM, Harga Mobil Bekas Toyota Avanza Cs Ikut Turun

Check Also

Asuransi Mobil Terbaik, Mau Pilih Yang Mana?

Asuransi Mobil Terbaik – Saat ini pemilihan asuransi mobil terbaik akan sangat menentukan kedepannya. Karena …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *