Jangan Anggap Enteng Jika Lampu Sein Mati, Inilah Sebabnya

Penyebab Lampu Sein Mati – Pemakaian lampu sein sudah pasti sangat penting ketika berkendara. Hal ini merupakan penanda untuk kendaraan yang ada di belakang bila kendaraan di depannya akan berbelok.

Akan tetapi saat ini sering diketemukan banyak pengendara yang tidak menyalakan lampu sein ketika berbelok, banyak juga di antaranya terdapat lampu sein yang rusak dan tidak berfungsi.

Lampu sein yang mati akan sangat membahayakan, karena dapat mengakibatkan kecelakaan dijalan.

Penyebab Lampu Sein Mati

Apakah penyebab lampu sein mati dan tidak berfungsi ketika dinyalakan? Diambil dari situs Suzuki dibawah ini ialah beberapa penyebab lampu sein yang mati.

Terkait : Penyebab Busi Motor Cepat Mati

  1. Bohlam atau Kabel Sein yang Putus

Penyebab Lampu Sein Mati yang utama ialah bohlam atau kabel yang putus. Hal ini dapat menjadi penyebab lampu sein motor atau mobil mati dan tidak berfungsi. Jika salah satu bohlam ada yang putus, maka akan mempengaruhi bohlam lainnya.

Penyebabnya bisa karena umur pakai yang memang harus diganti, dengan begitu, kamu harus pastikan bila seluruh lampu bohlam pada lampu sein tidak ada yang rusak atau putus.

  1. Tombol Saklar yang Kotor

Hal ini yang sering luput dari perhatian. Penyebab lampu sein mati bisa jadi karena tombol saklarnya yang kotor. Kamu bisa mengecek secara sendiri dengan cara menggerakan saklar tersebut.

Jika saklar bergerak sesuai dengan yang kamu arahkan, hal itu berarti lampu sein masih bisa berfungsi dengan baik. Namun apabila saklar yang kamu gerakan namun lampu sein tidak menyala, artinya tidak ada aliran listrik yang mengalir pada saklar tersebut. Hal ini dapat disebabkan karena kondisi yang telah kotor atau rusak, dan perlu diperbaiki atau diganti.

  1. Tegangan Aki tidak Optimal

Apabila Jika kedua komponen diatas telah kamu periksa dan dalam kondisi baik serta tidak rusak, akan tetapi lampu sein masih belum menyala, maka salah satu penyebab lampu sein mati lainnya bisa jadi dari tegangan aki yang tidak sempurna.

Tegangan Aki pada motor harus memiliki voltase yang maksimal, yaitu di atas 12 volt. Jika motor kamu punya voltase yang kurang dari 12 volt, maka hal tersebut bisa mengakibatkan lampu sein tidak menyala. Oleh karena itu pastikan juga tegangan aki pada motor kamu harus sempurna.

  1. Periksa Flasher Sein, Rusak atau Kotor

Hal terakhir yang bisa menjadi penyebab kedua lampu sein mati ialah flasher sein yang rusak atau kotor. Sirkuit listrik pada flasher sein ini mempunyai fungsi untuk mengatur arus listrik supaya lampu sein berkedip.

Bila ingin tahu apakah flasher sein rusak atau tidak, terdapat dua ciri yang bisa kamu tahu. Pertama ditunjukan pada lampu sein motor yang terus menyala tanpa berkedip, hal kedua lampu sein yang tidak menyala atau mati sebelah.

Lampu sein motor yang terus menyala tanpa berkedip merupakan tanda jika flasher sein rusak terjadi pada sirkuit tengah, ketika titik sentuh berada pada posisi bertemu. Bila sein motor tidak menyala artinya titik sentuh yang berada pada sirkuit tengah itu telah terpisah.

Baca Juga : Remap ECU Standar Motor, Ini Syaratnya

  • Leave a Comment