honda pcx vs yamaha nmax bagus mana
honda pcx vs yamaha nmax bagus mana

Honda PCX VS Yamaha Nmax Lebih Bagus Mana?

Honda PCX VS Yamaha Nmax  – Bingung mau beli Yamaha Nmax atau Honda PCX? Mana yang lebih baik untuk dibeli jika Anda mempertimbangkan pro dan kontra?

Mari kita lihat bagaimana keduanya jika dibandingkan. Pastikan Anda bisa membeli motor yang lebih baik setelah melihat perbandingan dibawah ini.

Skuter Premium Andalan

Sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi yang banyak diminati belakangan ini. Bagaimana mungkin?

Dalam kemacetan yang tidak biasa, sepeda motor bisa menjadi solusi. Selain bentuknya yang ringkas, mudah dibawa, harganya juga jauh lebih ramah jika dibandingkan mobil.

Oleh karena itu, permintaan kendaraan jenis ini terus bertambah setiap tahunnya.

Apalagi dengan semakin menjamurnya jajaran skuter matik kelas atas tentunya menjadi incaran para pecinta sepeda motor baik sebagai kendaraan maupun hobi.

Jika dulu sepeda motor berjenis underbone yang juga dikenal dengan sebutan sepeda motor “bebek” menguasai pangsa pasar sampai 90,87%, kini popularitas sepeda motor bertransmisi matik semakin meningkat dan meroket sejak diperkenalkannya Yamaha Mio dan Honda Beat.

Baru enam tahun yang lalu sepeda motor bertransmisi otomatis diterima di pasar Indonesia.

Dua model skutik bertransmisi matik kelas atas yang banyak diperbincangkan saat ini adalah Yamaha Nmax dan Honda PCX. Penampilan kedua motor ini hampir identik, sehingga sering dibandingkan.

Namun tentunya Anda juga tahu bahwa harga skutik bertransmisi matik ini tidaklah murah, sehingga Anda harus mempertimbangkannya dengan matang sebelum mengambil keputusan untuk membelinya.

Jadi mau pilih Yamaha Nmax atau Honda PCX? Mari kita lihat perbandingannya berikut ini:

Yamaha Nmax vs Honda PCX, Mana yang Anda Pilih?

Bagi pecinta skutik kelas atas, pasti sudah tidak asing lagi dengan pertandingan skutik matik Yamaha Nmax vs Honda PCX.

Terkait:   Gejala Fuel Pump Lemah Pada Motor

Kedua motor ini merupakan terobosan skuter matik yang berbeda dengan kendaraan otomasi generasi pertama.

Perbedaan mencolok terletak pada desain sasis yang lebih besar dibandingkan pendahulunya, sehingga sering disebut sebagai “matik gambot”. Keduanya juga dirilis pada waktu bersamaan dengan perbedaan harga yang mirip.

Namun dengan ubahan tersebut, kedua model sepeda motor ini menjadi skutik pilihan bertransmisi otomatis yang tentunya akan lebih mahal.

Oleh karena itu, saya mengajak Anda untuk mempertimbangkan dengan matang sebelum memilih antara Yamaha Nmax dan Honda PCX.

Bingung mau pilih yang mana? Mari kita lihat perbandingan keduanya di bawah ini:

Desain

Dari segi desain, keduanya memiliki desain bodi “gambot otomatis”. Namun, Yamaha Nmax memiliki desain yang sporty, terlihat dari garis-garis tegas pada bodinya.

Pijakan kaki juga stabil karena penggunaan ban kecil tapi lebar. Dimensi depan karet bulat Nmax, 110/70-13 dan 130/70-13.

Yamaha NMAX juga lebih panjang dan tinggi dibandingkan Honda PCX yang lebih lebar.

Sementara ground clearance keduanya tidak terlalu signifikan, Nmax 135mm, lebih pendek 2mm dari skutik bersayap.

Jika Yamaha Nmax lebih maskulin dan sporty, maka PCX memiliki desain yang mewah dan elegan. Keanggunan terlihat dari bentuk lampu depan dan belakang yang modern, serta tampilan panel LCD berukuran besar.

AKsen warna Kuning cerah sebagai pilihan bagi konsumen juga menonjolkan aura vintage.

Secara teori, semakin pendek semakin lincah, namun berpengaruh pada kestabilan ban belakang. Jadi semua ini adalah pro dan kontra, setiap orang akan memiliki pro dan kontra.

PCX tentu akan lebih lincah dan lembut saat berbelok, namun NMAX akan sangat stabil di kecepatan tinggi.

Terkait:   Beda Rem ABS dan Rem Biasa

Fitur

Desain boleh sama, tapi fitur pasti beda. Bagi para pecinta skutik matic tentunya fitur menjadi pertimbangan utama saat membeli skutik premium ini.

Sayangnya, dibandingkan fitur, Nmax tidak memiliki terlalu banyak fitur. Sistem penerangan dan dashboard sudah menggunakan lampu LED, namun layarnya masih tergolong kecil.

Nmax juga memiliki suspensi belakang berbentuk tabung, yang membantu memastikan stabilitas kendaraan yang lebih baik saat menempuh jarak jauh dengan jalan yang tidak rata.

Sementara PCX menawarkan banyak fitur, mulai dari lampu hazard LED, sistem stop-over (ISS) untuk menghemat bahan bakar, sistem kunci pintar tanpa kunci bawaan dan stopkontak DC sebagai pengisi daya steker untuk smartphone.

Tak berhenti sampai di sini, sistem rem PCX juga sudah mengaplikasikan Combi Braking System (CBS). Fitur ini menyesuaikan rem depan dan belakang dengan tuas rem tunggal.

Honda mengklaim efek CBS dapat mengoptimalkan jarak pengereman menjadi lebih pendek dan aman.

Namun, kesamaan dari kedua fitur tersebut adalah sama-sama dilengkapi dengan sistem pengereman anti-lock (ABS). Namun, sistem pengereman anti-lock brake pada Yamaha Nmax ABS lebih cenderung karena tersedia dalam dua saluran di roda depan dan belakang.

Sedangkan PCX hanya memiliki satu saluran ABS di roda depan.

Tenaga

Perbandingan penting berikutnya adalah pada tenaga, dimana pengendara motor sejati tentunya menginginkan tenaga yang unggul seperti kuda.

Dari segi tenaga, Yamaha Nmax memiliki mesin berkapasitas 155 cc, menggunakan piston (barel) diameter x langkah (stroke) 58 x 58,7 mm. Tenaga yang dihasilkan NMAX mencapai 14,8 tk @ 8.000 rpm dan torsi maksimum 14,4 nanometer pada 6.000 rpm.

Sedangkan Honda PCX berkapasitas mesin 149,3 cc, dengan langkah x lebar x tinggi masing-masing 57,3 x 57,9 mm, benar-benar mirip dengan Vario 150 eSP.

Terkait:   Penyebab Motor Bergetar Keras Saat Kecepatan Tinggi

Namun, para insinyur Honda telah mencatat bahwa mesin PCX ini merupakan generasi terbaru dari teknologi eSP dengan beberapa perbaikan, salah satunya bisa dari peta ECU.

Tenaga yang bisa dihasilkan PCX mencapai 14,4 tk @ 8.500 rpm dan torsi 13,2 nm pada 6.500 rpm.

Harga

Perbandingan kedua adalah dari segi harga, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, keduanya dibanderol dengan harga yang sama dengan skuter matik kelas atas.

Harga Yamaha Nmax mulai dari Rp 26,3 juta (OTR Jakarta) untuk versi non-ABS dan Rp 30,2 juta (OTR Jakarta) untuk versi ABS.

Sedangkan Honda PCX di kisaran Rp 27 juta (OTR Jakarta) untuk versi CBS dan Rp 32 juta (OTR Jakarta) untuk versi ABS.

Bagaimana, Anda memutuskan skuter matik premium mana yang akan dibeli? Keputusan sepenuhnya ada di tangan Anda, Anda dapat memilih sesuai dengan preferensi Anda.

Nmax adalah pilihan sempurna bagi mereka yang mencari skuter sport yang lebih tebal. Selain tampilan, performa mesin yang andal dan fitur suspensi yang fleksibel menambah kesan sporty.

Sedangkan Honda PCX sangat cocok bagi Anda yang menyukai motor klasik dan bergaya.

Bentuk yang elegan dan gengsi menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Kecanggihannya tak terbantahkan dengan sederet fitur modern, termasuk keyless.

Terkait:

Plus dan Minus Yamaha Mio Lama

Harga OTR Dan Review Honda Genio Terbaru

 

Check Also

Honda RC213V 2018

Penasaran Sama Komponen Baru 5 Motor Tim Pabrikan MotoGP? Baca Ini..

Motor baru motogp 2018 –Seperti di ansir dari detik.com pabrikan dari motor MotoGP 2018 mempunyai …

Leave a Reply

Your email address will not be published.