manfaat daun sirih
manfaat daun sirih

5 Manfaat Daun Sirih Merah dan Hijau dalam Kehidupan Sehari-hari

Sudah lama daun sirih merah dan hijau dimanfaatkan oleh orang-orang zaman dahulu. Manfaat daun sirih tidak hanya khusus untuk wanita saja, tetapi juga untuk mengatasi masalah kesehatan pria dari segala usia.

Kedua jenis tanaman ini sangat mudah dibudidayakan. Bahkan tanpa perawatan khusus, tanaman sirih dapat tumbuh subur di pekarangan rumah. Daun sirih ini juga kerap digunakan dalam berbagai keperluan upacara adat.

Manfaat Daun Sirih yang Wajib Diketahui

Daun yang satu ini memang sudah bukan hal baru bagi masyarakat Indonesia. Selain kerap dipakai sebagai jamu kewanitaan, daun sirih ternyata juga memiliki beragam manfaat lainnya.

1.     Menurunkan Gula Darah

Daun berbentuk jantung ini ternyata memiliki kemampuan untuk menurunkan gula darah. Hal ini tentu merupakan angin segar bagi para penderita diabetes, terutama diabetes tipe 2. Kandungan antioksidan yang tinggi membuat rebusan daun sirih mampu mengurangi stres oksidatif.

Stres ini menjadi pemicu rusaknya sel karena adanya lonjakan hormon insulin. Cara untuk mengkonsumsi daun sirih ini juga mudah. Kamu hanya perlu minum air rebusan daun sirih. Walau demikian, jangan lupa untuk mengkonsultasikannya dengan dokter terlebih dahulu.

2.     Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam daun sirih ternyata tidak hanya berguna untuk menurunkan kadar gula darah saja, tetapi juga berguna untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Terkait:   Jangan Lewatkan! BUMN Waskita Karya Buka Lowongan Kerja Buat Lulusan D3-S2

Seperti yang kamu ketahui, tingginya kolesterol dan tekanan darah dapat memicu penyakit kronis lainnya seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan masih banyak lagi. Dengan mengkonsumsi daun sirih, maka trigliserida dan kolesterol LDL dalam darah bisa ditekan.

Caranya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan sekitar empat lembar sirih merah dan merebusnya dengan air. Kamu harus meminum air tersebut sebanyak dua kali dalam satu hari.

3.     Mempercepat Penyembuhan Luka Bakar

Ketika tubuh mengalami luka bakar, maka pada saat yang sama orang tersebut akan mengalami stres oksidatif. Jika berlangsung lama, maka stres ini bisa menghalangi proses penyembuhan luka dan membuatnya lebih lama pulih.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka salah satu cara yang benar adalah dengan menggunakan daun sirih. Manfaat daun sirih yang diperkaya antioksidan mampu menekan dan menghilangkan stres oksidatif.

Selain itu, sudah sejak lama daun sirih terkenal dareka kandungan antiseptiknya dan polifenolnya yang tinggi. Dengan menggunakan daun sirih pada luka, maka akan membantu menghindarkan luka dari infeksi kuman dan bakteri.

4.     Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Kamu pasti sering melihat pasta gigi, obat kumur maupun produk untuk mulut dan gigi lainnya yang mengandung ekstrak daun sirih. Hal ini dikarenakan kandungan antiseptik di dalam daun sirih mampu menghambat pertumbuhan bakteri mulut.

Terkait:   Resep Baso Aci Kuah, Simpel dan Praktis

Selain itu, bakteri menghasilkan asam yang bisa membuat gigi berlubang. Jadi apabila pertumbuhan bakteri bisa ditekan, gigi juga akan semakin terlindungi dan terhindar dari pengeroposan. Itulah sebabnya daun sirih sering dipadukan dengan pinang untuk dikunyah.

5.     Menjaga Saluran Pencernaan

Manfaat daun sirih yang belum banyak diketahui orang adalah perihal kemampuannya dalam menjaga saluran pencernaan. Padahal daun sirih mampu meredakan gejala GERD dan juga menekan timbulnya nyeri lambung.

Hal ini dikarenakan konsumsi daun sirih dapat meningkatkan volume lendir di dalam saluran cerna. Lendir ini sendiri berguna sebagai benteng pelapis saluran cerna agar tidak mudah luka karena terkena asam dari lambung.

Mengunyah daun sirih juga mampu meningkatkan produksi enzim pada liur yang membantu proses pencernaan makanan. Dengan demikian, kamu akan terhindar dari sembelit sekaligus meningkatkan penyerapan nutrisi oleh usus.

Daun sirih sudah lama digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk berbagai keperluan. Manfaat daun sirih atau betel ini ternyata baik untuk tubuh sehingga tidak menutup kemungkinan untuk diproduksi dalam skala besar.

Terkait:

Apakah Durian Bisa Mengakibatkan Darah Tinggi? Ini Penjelasan Para Ahli Kesehatan

Ciri-Ciri Asam Lambung Dan Cara Menyembuhkannya

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.