Apakah durian bisa menyebabkan darah tinggi?
Apakah durian bisa menyebabkan darah tinggi?

Apakah Durian Bisa Mengakibatkan Darah Tinggi? Ini Penjelasan Para Ahli Kesehatan

Apakah durian bisa menyebabkan darah tinggi? pertanyaan ini sudah banyak yang ditanyakan apalagi untuk mereka yang gemar mengonsumsi buah durian.

Dengan makan buah tentunya sangat baik untuk kesehatan, akan tetapi bila berlebihan bisa menimbulkan efek samping yang negatif.

Salah satu contohnya ialah buah durian. Banyak orang yang senagn dengan buah ini, lalu diduga juga bisa menyebabkan darah tinggi. Apakah benar demikian?

Bersumber dari jurnal internasional properti makanan, peningkatan signifikan pada denyut jantung diteliti pada kelompok yang diberikan konsumsi 500 g durian pada durasi 0,5-2 jam. Pasokan durian dalam jumlah sedang tidak terlalu berpengaruh pada tekanan darah dan detak jantung untuk individu yang sehat.

Pada penelitian tersebut, ditemukan jika konsumsi durian tunggal pada 250 dan 500 g tidak mengubah tekanan darah sistolik dan diastolik. Akan tetapi, peningkatan yang tajam pada HR diamati saat konsumsi 500 g durian.

Perubahan status fisiologis individu ini seiring dengan bertambahnya usia bisa mengganggu tingkat toleransi asupan durian. Oleh karena itu, diperlukan penelitian yang lebih lanjut bagi orang tua yang sehat dan subjek pra-hipertensi untuk bisa mengabaikan klaim anekdot tersebut. Seperti tulis keterangan studi itu, yang dilansir dari Tandfolinen, Minggu (17/4/2022).

Kadar gula, lemak dan kalori yang tinggi

Namun demikian, menurut ahli gizi, Dr. Teresita Ungson membantah jika makan banyak buah durian bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Akan tetapi, menurutnya, dia memperingatkan jika buah itu mempunyai kadar gula, lemak, dan kalori yang tinggi.

Terkait:   Cara Bayar BPJS Tokopedia

Ungson menyatakan jika durian kaya akan kandungan vitamin. Ia mengatakan 100 gram daging durian, sama dengan makan sepotong pisang karena terdapat kandungan 430 mikrogram potasium. “Karbohidrat, Protein dan Lemak. Sangat kaya vitamin C, dan kita semua tahu itu penting untuk daya tahan tubuh kita,” ujar Ungson seperti dikutip dari ABC News, Minggu (17/4/2022).

Selain dari pada itu, Dr. Hu Chang Hock, seorang penasihat dari Asosiasi Medis Malaysia, memberi saran jika penderita hipertensi atau diabetes, juga keduanya tidak boleh terlalu banyak makan buah durian. Menurutnya durian bisa menyebabkan tekanan darah dan kadar gula, penderita darah tinggi dan diabetes tinggi. seperti dilansir EdgeDavao, Minggu (17/4/2022).

sumber: lifestyle.sindonews.com

Terkait:

Ciri-Ciri Asam Lambung Dan Cara Menyembuhkannya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.