Tips Agar Harga Jual Mobil Bekas Tinggi

Saat ini membeli mobil bekas menjadi pilihan untuk banyak konsumen di Indonesia. Dengan banyaknya motivasi pembelian, salah satunya ialah ingin mengganti mobil dengan yang lebih muda.

Untuk kamu yang sedang berencana untuk menjual mobil bekas kamu, maka supaya harga jualnya tidak terlalu anjlok maka harus dilakukan perawatan yang sesuai.

Untuk kondisi harga jual mobil bekas sebenarnya melibatkan banyak faktornya. Terdapat beberapa hal yang harus kamu lakukan bila ingin harga jual kembali mobil bekas kamu tetap stabil.

Trik Menjual Mobil Bekas

Terkait: Tips Test Drive Mobil Bekas Agar Tidak Salah Beli

Kamu bisa mengikuti beberapa trik dibawah ini supaya nilai jual kembali mobil bekas tetap tinggi, atau setidaknya sesuai dengan harga pasaran mobil tersebut.

  1. Perawatan eksterior mobil

Sebelum seseorang memutuskan untuk membeli mobil bekas, maka biasanya yang akan diperhatikan ialah eksteriornya terlebih dulu. Supaya mobil dapat terjual dengan harga pasaran, maka kondisi tampilan luar mobil kamu perlu dirawat dengan benar.

Usahakan mobil kamu bebas dari baret, bukan bekas tabrakan, dan dalam kondisinya. Biasanya eksterior mobil ini banyak lecetnya biasanya akan menurunkan harga sehingga membuat orang pikir-pikir dulu untuk membelinya.

  1. Perawatan rutin di bengkel resmi dan suku cadang asli

Tips Agar Harga Jual Mobil Bekas Tinggi berikutnya ialah dengan cara melakukan perawatan rutin di bengkel resmi. Dengan perawatan rutin mobil kamu di bengkel resmi, maka kondisi mesin juga akan dipastikan terjaga sehingga harga jual kembali mobil tersebut akan tetap tinggi.

Selain itu juga pemakaian spare part yang asli harus dilakukan, biasanya ada pemilik mobil yang mengganti komponen mobil dengan yang KW atau palsu. Tentu saja ini bisa membuat harga jual mobil bekas turun.

  1. Umur mobil kurang dari 5 tahun

Disarankan untuk menjual mobil bekas kamu sebelum lima tahun. Karena mobil dengan usia di bawah 5 tahun ini memiliki harga jual yang relatif tinggi.

Alasannya ialah belum banyak keluar biaya untuk perbaikan besar. Jika mobil yang berumur di atas lima tahun biasanya akan ada biaya untuk servis komponen dan mengakibatkan harga mobil menjadi turun.

  1. Jarak tempuh mobil

Selain daripada itu, faktor jarak tempuh mobil atau kilometer mobil juga sangat mempengaruhi harga jual kembalinya. Untuk mobil bekas dengan jarak tempuh lebih rendah walau usianya telah di atas lima tahun akan lebih punya nilai jual yang agak lebih tinggi.

Namun ini juga disesuaikan dengan kondisi fisik mobil dan kondisi mesin. Bisa jadi mobil yang mempunyai kilometer rendah namun tampilan luarnya tidak terawat maka harga jualnya juga menjadi turun dari mobil yang punya kilometer tinggi tetapi tampilan luar dan mesinnya sangat terawat.

  1. Kelengkapan surat-surat hingga buku servis

Ini yang paling penting. Tujuan kelengkapam surat-surat sampai buku servis ialah supaya mobil kamu jelas legalitasnya, bukan hasil curian atau kejahatan lainnya.

Bila tidak ada kelengkapan surat-surat seperti STNK, BPKB, dan juga faktur kendaraan, maka dapat dipastikan harga mobil bekas kamu akan jatuh dari harga pasaran.

Baca Juga: Tidak Boleh Sembarangan, Kendaraan Siapa Saja yang Boleh Dikawal Polisi?

  • Leave a Comment