Cara Bikin Awet Aki Mobil Bekas

Cara Bikin Awet Aki Mobil Bekas – Perawatan mobil sangat berpengaruh pada performanya, baik itu mobil baru atau mobil bekas. Namun biasanya untuk mobil bekas, sering kali kondisi mobil dalam keadaan memprihatinkan. Aki Mobil salah satunya.

Karena alasan biaya, biasanya banyak pemilik mobil bekas membeli aki mobil lawas yang seperti kita ketahui performanya sudah turun dan harus sering diperiksa.

Kinerja Listrik Mobil Terpengaruh

Apabila kamu memutuskan untuk membeli mobil bekas, maka ada kiat khusus untuk bikin awet aki mobil bekas. Karena mobil bekas yang punya komponen aki menurun dapat mempengaruhi fungsi kelistrikan secara menyeluruh.

Supaya kondisi aki mobil bekas terus prima maka ada beberapa kiat yang dapat kamu lakukan sendiri atau dengan bantuan mekanik bengkel yang kamu percaya.

4 tips untuk bikin awet aki mobil bekas

Terkait: Alternator mobil bermasalah? Cari Tahu Penyebabnya Disini

1. Kondisi Kabel dan Kepala Aki

Periksa Kondisi Kabel dan Kepala AKi bisa dilakukan sebagai tips pertama bikin awet aki mobil bekas. Mungkin ini dipandang sebelah mata namun sering terlupakan seperti memeriksa kabel-kabel aki.

Kabel aki yang bermasalah dengan kondisi yang sudah getas atau kering dapat menjadikan umur aki jadi pendek. Pastikanlah kabel aki dalam keadaan sempurna, apalagi kabel ground atau negatif.

Perhatikan juga kondisi kepala aki, periksa jika ada terdapat kotoran atau posisinya yang kendur.

2. Air Aki

Aki tipe konvensional atau aki basah masih memakai cairan elektrolit. Pada fase tertentu air aki ini akan berkurang seiring dengan kondisi pemakaian mobil.

Jika pada mobil bekas, sering kali volume air aki sudah turun dari indikatornya. Periksa secara rutin agar air aki tetap berada pada batas upper atau atas supaya performa aki tetap maksimal.

3. Pemakaian Aksesori Tambahan

Mungkin sebelum dibeli, mobil bekas sering kali dipakaikan aksesori tambahan yang dapat mempengaruhi sistem kelistrikan.

Dan biasanya aksesori tambahan ini yang mengambil arus dari aki ini bisa memperpendek usia aki. Apabila tidak terlalu diperlukan disarankan untuk mencopot aksesori supaya aki jadi awet.

Jika beban listrik yang berkurang maka arus listrik pada aki mobil dapat lebih efisien.

4. Alternator Mobil

Seperti kita ketahui, aki mobil mendapatkan cas arus listrik dari komponen alternator. Alternator yang dalam kondisi bagus akan terus menge-cas aki dengan arus listrik sesuai dengan voltase yang sesuai.

Jika ada masalah dari alternator, maka pengisian ke aki aka terpengaruh. Hasilnya voltase aki akan tekor ketika mobil berjalan.

Baca Juga: Cara Cegah Aki Jadi Soak Saat Mobil Lama Tidak Dipakai
  • Leave a Comment