ainun najib
Ainun najib/foto: google image

Siapa Ainun Najib? Sampai Jokowi Minta Balik ke Indonesia

Ainun Najib – Nama Ainun Najib saat ini banyak menjadi topik perbincangan setelah beliau melakukan dialog dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum lama ini.

Untuk diketahui jika baru-baru ini Jokowi melakukan dialog bersama dengan beberapa diaspora yang menetap dan bekerja di luar negeri, yaitu dalam acara peresmian Sea Labs Indonesia.

Presiden menanyakan kepada Ainun Najib, bagaimana caranya supaya banyak tenaga ahli yang berada di luar negeri itu tertarik untuk pulang ke Indonesia?

Ainun menjawab terdapat dua hal yang dapat membuat banyak diaspora Indonesia tertarik pulang ke ke Indonesia. Yaitu harus ada stabilitas dan kesempatan.

Ainun menjelaskan “Kesempatan Indonesia banyak karena dari pemain besar di pasar. Sedangkan untuk stabilitas agak tricky karena pertimbangan keluarga, karir dan kalau saya pribadi Pendidikan anak supaya nggak mau kalah,”

Indonesia mempunyai banyak orang berbakat

Dia sangat yakin jika Indonesia sebenarnya mempunyai pakar teknologi terbesar di dunia. Setidaknya bisa mencapai peringkat keempat terbesar di dunia.

Ainun Najib pada waktu sebelumnya juga pernah secara langsung diminta persiden Jokowi untuk balik ke Tanah Air. Permintaan Presiden Jokowi tersebut diucapkannya pada acara Pengukuhan Pengurus Besar NU Masa Khidmat tahun 2022-2027.

Jokowi mengajak NU untuk bisa memberikan ruang yang lebih luas untuk generasi Z supaya bisa tampil. Karena, menurut dia, banyak kelompok muda profesional NU yang saat ini bekerja di perusahaan yang besar.

Terkait:   Cair! BLT Minyak Goreng Rp 300.000 April 2022 untuk 23 Juta Orang, Cek Kriterianya Disini!

Jokowi lalu menuturkan mengenai salah satu anak muda NU yang sangat dikenalnya. Tokoh tersebut ialah Ainun Najib yang saat ini bekerja di salah satu perusahaan Singapura.

“Saya kenal beliau, yang lain sebenarnya masih banyak. Beliau ini sekarang bekerja di Singapura. Sekitar 7 tahun lalu. Ngerjain ini, semuanya apa pun bisa. Namanya Mas Ainun Najib. Umurnya masih muda sekali, NU,” kata Jokowi.

Lalu Siapa Ainun Najib? Baca Profilnya

Ainun Najib ialah seorang praktisi teknologi informasi asal Gresik, Jawa Timur yang saat ini tinggal di Singapura. Ainun yang merupakan kader warga Nahdlatul Ulama (NU) kelahiran Gresik, Jawa Timur, 20 Oktober 1985. Kecamatan Balongpanggang. Lahir dari pasutri Abdul Rozaq- Rustinah.

Ayahnya ialah seorang kiai kampung, lulusan Pondok Pesantren (Ponpes) Qomaruddin, dan Ibunya ialah seorang guru SD.

Ainun Najib bersekolah di sebuah sekolah madrasah. Yaitu, Madrasah Ibtidaiyyah Islamiyah, Gresik.

Kemudian, melanjutkan ke SMPN Balongpanggang. Lalu, diteruskan ke SMAN 5 Surabaya. Setelah itu, mendapat beasiswa untuk kuliah di Universitas Teknologi Nanyang (NTU) Singapura

Dikutip dari web resmi NU, Ainun Najib ialah salah satu insiator KawalCovid-19. Situs ini memberikan informasi valid mengenai pandemi Covid-19 di Indonesia.

Kegiatan Ainun Najib di bidang sains dan teknologi telah terasah saat dia duduk di bangku SMA. Pada waktu itu, Ainun muda mendapatkan penghargaan honorable mention sesudah menjadi anggota tim Indonesia dalam Olimpiade Informatika Asia Pasifik tahun 2003.

Terkait:   Gas Melon Terancam Langka Karena Kenaikan Harga Gas Nonsubsidi

Ainun Najib kemudian melanjutkan pendidikannya di Singapura, mengambil jurusan Teknik Komputer. Sehabis lulus, ia bergabung ke sebuah perusahan IBM di Singapura sebagai software engineer. Pada saat ini dia menjabat sebagai Head of Analytics, Platform & Regional Business di Grab Holdings Singapura.

Baca Juga:

Pakai Twibbon Peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta, Tunjukkan Indonesiamu!

 

 

Check Also

Perlukah Asuransi Untuk Mobil Rental

Perlukah Asuransi Untuk Mobil Rental? Baca Detailnya Disini

Apakah Asuransi Mobil Rental Bisa digunakan untuk Pencurian dan Kecelakaan? Usaha penyewaan mobil secara hitung-hitungan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.