Kiat Mudah Supaya Tidak Ngantuk saat Berkendara di Jalan

Tips mengusir rasa kantuk saat berkendara – Ada kalanya kita harus berkendara jauh karena keperluan mendadak atau kebutuhan. Seperti dalam merayakan hari raya Idul Fitri, Natal dan lainnya maka ada kalanya jarak yang jauh bukan menjadi halangan untuk berkendara.

Atau kebutuhan kerja seperti kurir, ekspedisi atau dinas bisa membuat kamu berkendara dalama jarak yang cukup jauh. Untuk tetap fit dan awas dalam berkendara maka ada kiat mudah agar tidak mengantuk saat berkendara.

Jika kamu harus berkendara baik dengan motor ataupun mobil, mengantuk akan bisa membahayakan dan beresiko untuk menimbulkan kecelakaan. Oleh karena itu Untuk itu kondisi badan yang fit dan segar diperlukan untuk berkendara jarak jauh agar selamat sampai tujuan.

Tips Mengusir Kantuk Saat Berkendara

Terkait: Cara Beli Tiket Online Bus Rosalia Indah

Seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut ialah sejumlah tips untuk kamu yang merasa kantuk akan tetapi harus bepergian jauh dari rumah.

1. Rencanakan Tempat Istirahat

Agar bisa tetap bugar saat berkendara, maka kamu harus merencanakan rute perjalanan, salah satunya ialah menetukan akan istirahat dimana. Hal ini penting karena tempat istirahat bisa kamu gunakan untuk meregangkan otot, makan, pergi ke toilet dan isi bensin. Kamu juga bisa tidur sejenak dan setelah bangun dari tidur akan terasa lebih segar dan bisa kembali melanjutkan perjalanan.

2. Istirahat yang Cukup

Pada sehari sebelum perjalanan usahakan untuk istirahat yang cukup supaya tidak mengantuk saat menyetir mobil atau naik motor. Usahakan pada malam hari untuk tidur dalam porsi yang cukup. Bila kamu kurang istirahat dan terlalu banyak makan, mak hal ini bisa berakibat pada kondisi fisik yang kurang maksimal dan akan menyebabkan kantuk.

3. Air Minum

Sediakan selalu air minum yang cukup saat akan berkendara di jalan. Bila kondisi belum fit benar dan masih terasa mengantuk, ,usahakan untuk minum air putih secukupnya supaya kondisi badan bisa kembali fit. Kamu juga dapat meneguk secangkir kopi untuk menghilangkan rasa kantuk sejenak.

4. Hindari Obat yang Menyebabkan Kantuk

Pada saat kondisi badan sedang tidak sehat, maka jangan memaksakan diri untuk terus berkendara. Apalagi jika kamu meminum obat yang mengakibatkan kantuk. Hal ini akan sangat membahayakan kamu dan penumpang di perjalanan.

Pertimbangkan untuk menggunakan transportasi umum jika badan sedang tidak fit atau bisa bergantian dalam menyetir sehingga kamu bisa istirahat sejenak.

5. Siapkan Permen

Salah satu tips yang manjur supaya tidak mengantuk saat menyetir mobil ialah mengunyah permen. Kamu bisa menyiapkan permen karet secukupnya dan bisa mengunyahnya saat rasa kantuk menyerang.

Baca Juga: Bagaimana Mengatasi Ban Pecah Ketika Kecepatan Tinggi di Tol

  • Leave a Comment