Kenapa Baru Ganti Kampas Rem Cakram Malah Jadi Seret?

Ganti Kampas Rem Cakram Malah Jadi Seret Rem merupakan salah satu komponen safety motor yang sangat penting. Untuk urusan keselamatan dan keamanan, ada baiknya diperiksa secara berkala.

Namun Jika kamu baru saja mengganti kampas rem yang terjadi malah rem cakram menjadi seret berarti itu menandakan ada masalah yang harus diselesaikan.

Periksa Ulang Rem

Terkait: Jangan Anggap Enteng Jika Lampu Sein Mati, Inilah Sebabnya

Ada baiknya kamu melakukan pengecekan ulang apabila kampas rem yang baru diganti dan dipasang malahan terasa seret atau mmembuat rem keras saat ditekan.

Gejalan ini banyak ditemukan pada saat rem ditekan namun tidak sepakem sebelum diganti kampas baru atau malah tambah seret. Pada Umumnya terdapat beberapa hal yang bisa menjadi pemicunya.

Piston Kaliper Rem

Yang pertama harus kamu periksa ialah piston kaliper, biasanya pada bagian piston kaliper terdaoat tumpukan kotoran.

kaliper motor
kaliper motor

Apalagi seperti pada musim hujan, banyak sekali kotoran dan debu yang menumpuk pada kaliper, akibatnya gerakan piston untuk mengerem menjadi tidak lancar.

Yang mengakibatkan ini ialah ketika dipasang kampas rem baru yang lebih tebal, maka otomatis posisi piston tadi akan lebih menjorok masuk ke dalam kaliper.

Apabila kalian tidak membersihkan piston kaliper ketika kampas rem baru dipasang, maka efeknya kotoran akan menumpuk pada sela piston dan kaliper yang membuatnya macet dan rem menjadi tidak pakem.

Disarankan ketika kamu mengganti kampas rem dibengkel, lakukan test drive terlebih dahulu. Jika terasa tidak nyaman konsultasikan kembali pada mekanik untuk melakukan pengaturan ulang pada rem yang telah diganti.

Baca Juga: Tips Mudah Merawat Rem Cakram Motor Supaya Tetap Prima

  • Leave a Comment