Coba Sebutkan 10 Contoh Hewan Mollusca
Coba Sebutkan 10 Contoh Hewan Mollusca

Coba Sebutkan 10 Contoh Hewan Mollusca

Jika kamu mencari jawaban mengenai contoh hewan mollusca dan telah terverifikasi oleh ahlinya silahkan baca artikel berikut ini. Soal untuk Kelas: VI, Mata Pelajaran: Biologi, Materi: Ciri-ciri Makhluk Hidup, Kata Kunci: Molusca, Gurita, Cumi, Kerang

Soal

Sebutkan 10 contoh hewan mollusca

Jawaban

Inilah 10 contoh hewan Mollusca

1. Keong mahkota (Melongena corona)

2. Sotong (Sepiida)

3. Nautilus

4. Cumi-cumi (Teuthida)

5. Gurita (Octopoda)

6. Keong sawah (Pila ampullacea)

7. Kerang mutiara (Pinctada maxima)

8. Siput air tawar (Limnaea sp)

9. Scapopoda, misalnya (Antalis vulgaris)

10. Siput kebun (Cornu aspersum)

Pembahasan

Molusca ialah hewan bertubuh lunak, yang memiliki kulit berlendir, dan tak memiliki tulang belakang. Hewan jenis ini bisa juga memiliki cangkang.

Hewan jenis moluska ini juga termasuk:

• Siput (Gastropoda),

Siput atau gastropoda ialah salah satu kelas dari filum Moluska. Gastropoda bisa dibedakan dari moluska lainya yaitu dengan cara geraknya yang merambat dengan memakai otot perut.

Siput mempunyai cangkang pada bagian atas tubuhnya dan terbuat dari kalsium. Cangkang ini fungsinya untuk melindungi organ dalam siput.

Contoh siput ialah adalah Siput kebun (Cornu aspersum), Siput air tawar (Limnaea sp), Keong mahkota (Melongena corona) dan Keong sawah (Pila ampullacea).

• Cephalopoda

Cephalopoda ialah jenis molusca yang hidup di laut. Cephalopoda mempunyai ciri khas berupa tentakel yang merupakan alat gerak dan terletak pada bagian kepala. Selain dari pada itu, hampir semua jenis cephalopoda mempunyai tinta, yang akan dikeluarkan jika merasa terancam.

Terkait:   Pusat Keuangan Amerika Serikat Berada Dimana?

Jenis Cephalopoda ialah Cumi-cumi (Teuthida), Sotong (Sepiida), Nautilus, dan Gurita (Octopoda). Nautilus memiliki keunikan karena merupakan jenis Cephalopoda yang bercangkang.

• Siput taring (Scaphopoda).

Scaphopoda ialah jenis molusca yang unik, sebabnya mirip siput dengan memiliki cangkang, akan tetapi bentuknya seperti taring, serta memiliki tentakel kecil pada bagian kepala yang digunakan untuk berenang. Scaphopoda biasanya berukuran kecil, yaitu antara 5 sampai 10 cm.

Contoh scaphopoda adalah Antalis vulgaris.

• Kerang (Bivalvia),

Kerang ialah jenis merupakan molusca yang mempunyai 2 pasang cangkang, pada atas dan di bawah. Kerang hidup di perairan, dan bermanfaat sebagai sumber makanan laut serta sebagai pembuat mutiara.

Contoh bivalvia adalah Kerang mutiara (Pinctada maxima).

Check Also

Apa Bahasa Inggrisnya Matahari Terbenam?

Apa Bahasa Inggrisnya Matahari Terbenam?

Jika kamu mencari jawaban mengenai Bahasa Inggrisnya Matahari Terbenam dan telah terverifikasi oleh ahlinya silahkan …