Biaya Ganti Oli Mobil Matic

Salah satu perawatan yang wajib dilakukan untuk mobil matic ialah mengganti oli matic secara berkala. Jangan dipikirkan berapa biaya ganti oli mobil maticnya, karena mau tidak mau memang harus diganti juga jika telah tiba waktunya.

Tetapi pada kenyataanya masih banyak pemakai kendaraan matic yang lalai melakukan penggantian oli transmisi. Selain dianggap sebagai perawatan yang kurang penting, biasanya jika ada masalah baru melakukan kunjungan ke bengkel dimana sebenarnya sudah telat untuk diperbaiki jika ada kerusakan.

Jika diabaikan begitu saja dalam kurun yang lama, maka bisa berakibat fatal untuk kendaraan matic. Disarankan jika oli transmisi matik diganti pada setiap 40.000 kilometer atau 60.000 ribu kilometer.

Dengan melakukan ganti oli transmisi mobil matic secara rutin, maka diharapkan bisa menjaga komponen yang ada di dalam girboks matik. Selain itu juga, penggantian ini juga mempengaruhi kepada kualitas kandungan oli yang mengalir di dalam transmisi.

Kapan harus ganti oli mobil matic?

Terkait: Tipe Panther Paling Bandel dan Nyaman

Oli transmisi matik ada baiknya diganti pada setiap 40 ribu kilometer atau 60 ribu kilometer. Hal ini bertujuan untuk menjaga komponen yang ada di dalam girboks matik. Selain itu juga, penggantian tersebut akan mempengaruhi kualitas kandungan oli yang ada di dalam transmisi mobil matik.

Berapa rata-rata biaya ganti oli transmisi matic?

Biaya untuk penggantian oli transmisi mobil matic, umumnya punya harga yang bervariasi. Hal ini tergantung dari bengkel dan merek pelumas yang akan dipakai.

Bila mengganti oli transmisi dilakukan pada bengkel resmi biasanya akan mempunyai harga yang lebih mahal. Akan tetapi jika dilakukan pada bengkel biasa, harganya akan lebih murah.

Terdapat dua pilihan untuk ganti oli matic, yaitu ganti oli transmisi dan kuras oli transmisi.

JIka hanya melakukan penggantian oli transmisi saja, maka siapkan biaya untuk membeli oli transmisi sekitar 4-5 liter saja. Umumnya biaya ganti oli transmisi matic sekitar Rp 700ribu hingga Rp 900 ribuan. Jika ditambah jasa, maka siapkan dana sekitar Rp 1 jutaan.

Untuk biaya menguras oli transmisi, maka siapkan dana yang lebih besar, karena untuk menguras oli transmisi biasanya membutuhkan sampai 8 liter. Biayanya sekitar di atas Rp 1jutaan tergantung dari tipe dan jenis mobil. Setiap mobil punya kapasitas oli transmisi yang berbeda, demikian juga setiap bengkel mematok tariff atau biaya jasa yang bervariasi.

Baca Juga: Kiat Cara Menghemat Bensin

  • Leave a Comment