Penyebab Kiprok Motor Cepat Panas

Penyebab Kiprok Motor Panas – Kiprok motor ialah salah satu bagian penting pada sepeda motor dan banyak yang belum tahu nama lain kiprok ialah rectifier regulator. Apabila komponen ini berfungsi dengan baik, berarti sistem kelistrikan motor berjalan optimal.

Fungsi kiprok ialah untuk menyuplai arus untuk komponen accu motor dari alternator atau spul. Secara tehnis, spul akan menghasilkan arus AC (alternate current) atau arus bolak-balik. Untuk kendaraan seperti motor dan mobil menggunakan arus DC (direct current) sebagai sistem kelistrikannya.

Kiprok ini merubah arus AC dari spul dan diubah menjadi DC untuk kemudian disalurkan untuk mengisi batere juga untuk penerangan lampu depan-belakang.

Salah satu penyebab bagian kiprok rusak ialah disebabkan karena pemakaian motor dengan kecepatan yang tinggi. Ini akan menyebabkan kiprok terlalu panas dan jika sering dipacu dalam kecepatan tinggi, maka kiprok akan mengalami overheating.

Oleh karena itu desain kiprok mempunyai memiliki kisi-kisi yang bersirip yang berguna untuk mengurangi panas, namun ada kalanya bisa juga overheat.

Tanda-tanda Kiprok Motor Panas Berlebih atau rusak biasanya di tandai dengan aki motor yang cepat habis walaupun telah diganti. Hal ini karena kiprok tidak bisa mengisi listrik lagi ke aki motor.

Selain itu juga lampu depan yang terlihat redup walaupun meskipun sudah digas kancang. Hal ini bisa juga mengakibatkan bohlam putus karena arus listrik dari kiprok yang tidak stabil.

Baca Juga : Begini Caranya Membuat Sumber Arus DC Tanpa Memakai Aki Motor

Masih Butuh Info ? Klik Artikel Terkait Yang Ada di Bawah Ini :

  • Leave a Comment