Estimasi Biaya Ganti Kompresor AC Mobil

Biaya ganti kompresor ac mobil – Untuk pengguna mobil khususnya di kota-kota besar, air conditioner (AC) merupakan salah satu syarat wajib yang harus ada di mobil supaya nyaman ketika dalam perjalanan.

Akan tetapi bagian ini yang biasanya sering menjadi perhatian. Rata-rata AC mobil tidak berfungsi dengan maksimal salah satu sumber masalahnya ialah kompresor ac mobil yang harus diganti.

Bisanya masalah ini terjadi pada bagian internal komponen dansudah saatnya untuk diganti ganti atau servis. Apalagi jika usia mobil telah diatas 5 tahun.

Selain itu juga banyak penyebab AC mobil kurang dingin, seperti karena tekanan kompresor yang berkurang, masalah freon, dan banyak lagi. Pada umumnya pergantian oli kompresor itu harus dilakukan pada setiap 40.000 kilometer sekali.

Suhu Kabin Mobil Tidak Dingin

Salah satu ciri-ciri AC mobil bermasalah ialah biasanya pengemudi akan merasa mudah gerah dan punggungnya terasa hangat bila AC mobil sudah tidak bekerja secara maksimal lagi. Tangan pengemudi terasa dingin, namun punggung berasa hangat dan berkeringat.

Bila speed AC-nya dinaikan, akan mulai terasa dingin. Namun dengan berjalannya waktu lama kelamaan yang terasa cuma anginnya saja.

Lalu berapa perkiraan biaya penggantian kompresor AC mobil? Biasanya biaya perbaikan AC mobil ini tergantung pada tingkat kesulitan juga jenis mobilnya. Akan tetapi rata-rata biaya servis AC mobil mulai dari Rp 300.000 s/d Rp 1,5 jutaan dan itu telah termasuk pergantian spare part.

Untuk perawatan AC mobil tingkat medium biasanya sekitar Rp 1 jutaan. Dan untuk servis besar, harga bervariatif dari Rp 1,5 jutaan keatas. Serivis ini sudah termasuk flusing system dan pergantian oli kompresor AC mobil.

Namun untuk biaya penggantian kompresor AC mobil baru orisinal, biayanya bisa meningkat tajam. Misalnya, untuk mobil Toyota Avanza satu unit kompresor baru buatan Denso dipasaran sekitar Rp 1,6 jutaan dan belum termasuk biaya pemasangan dan lain-lain.

Baca Juga : Suara Mesin Mobil Mendengung, Ternyata Ini Penyebabnya

Masih Butuh Info ? Klik Artikel Terkait Yang Ada di Bawah Ini :

  • Leave a Comment