motor bebek underbone
motor bebek underbone

Ini Motor Bebek Underbone Yang Pernah Berjaya Pada Masanya

Motor Bebek Underbone – Pada masanya motor bebek underbone pernah membanjiri jalanan di Indonesia. Setelah masuk motor matic, lambat laun konsumen motor indonesia beralih menggunakan motor matic dan meninggalkan motor bebek sebagai moda transportasi.

Secara garis besar, motor bebek dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni:

  1. Motor bebek super (hyper underbone), ialah kelas motor bebek yang sudah mengusung teknologi lain untuk menunjang performa. Contoh motor bebek jenis ini ialah Yamaha Jupiter MX King, Honda Supra X 125, Suzuki Satria F150.
  2. Motor bebek konvensional (lower underbone), yaitu kelas motor bebek yang biasanya digunakan hanya untuk transportasi. Contoh motor bebek jenis ini ialah Yamaha Vega, Honda Revo, Suzuki Smash.

Apa yang dimaksud motor underbone?

Terkait: Penyebab Kiprok Motor Cepat Panas

Motor underbone ialah merujuk tulang pada sepeda motor yang diartikan sebagai rangka. Dengan demikian, underbone ialah penamaan untuk jenis sepeda motor yang mesinnya dipasangpada bagian bawah rangka. Motor dengan posisi mesin di bawah rangka ini biasanya diaplikasikan pada jenis motor bebek.

Model motor bebek underbone yang pernah berjaya

Dibawah ini ialah jenis motor bebek underbone yang pernah ngehits pada eranya sebelum akhirnya tergantikan dengan motor matic.

  1. Honda Supra
honda supra 125
honda supra 125

Motor keluaran Honda ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2003, Honda Supra pernah menjadi merk motor bebek yang paling sukses di Indonesia. Saat itu Honda Supra mempunyai dua varian, yaitu Honda Supra X dan Honda Supra Fit.

  1. Honda Karisma
honda karisma 125
honda karisma 125

Model motor bebek yang pernah jaya berikutnya ialah Honda Karisma. Motor ini kali pertama dirilis pada tahun 2002. Motor yang dibekali mesin bebek 125cc ini telah sudah punya fitur LCD sebagai penunjuk bensin. Motor ini memiliki 2 tipe yaitu Honda Karisma 125 dan Honda Karisma 125D.

  1. Honda Astrea
honda astrea
honda astrea

Masih dari pabrikan Honda, Honda Astrea ini sangat populer pada akhir 90-an sampai 2000-an. Dengan desain yang simpel serta mesin yang tangguh membuat Honda Astrea ini menjadi motor yang paling laris pada zamannya. Terdapat 2 jenis Honda Astrea, yaitu Astrea Prima dan Astrea Grand.

  1. Suzuki Shogun
suzuki shogun 110
suzuki shogun 110

Motor bebek underbone keluaran pabrik Motor Suzuki ini dirilis dengan misi menyaingi supremasi Honda Supra. Arti Shogun sendiri ialah jenderal, dan saat itu mampu menyaingi keberadaab Honda Astrea. Salah satu kelebihan motor Shogun jika dibandingkan dengan lawannya ialah kualitas bahan motor ini yang berada di atas rata-rata.

  1. Yamaha Jupiter
yamaha jupiter
yamaha jupiter

Yamaha Jupiter merupakan Motor bebek yang diproduksi oleh pabrikan motor Jepang Yamaha. Untuk diketahui, Yamaha Jupiter sempat menjadi salah satu primadona motor bebek saat itu. Dengan Handling yang mantap dan besutan mesin yang prima menjadikan motor ini pesaing terberat untuk Honda Supra.

Terkait:   Pasang Box Belakang Motor Bikin Rusak

Baca Juga: Standar Tengah Motor Matic Macet Jangan Diketok, Bisa Merembet Rusak

Check Also

rx king raja jalanan

Masih Raja Jalanan, Ini Tipe Yamaha RX King Dari Masa Ke Masa (Part 2)

Artikel ini ialah kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul : Masih Raja Jalanan, Ini Tipe …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *