manfaat kayu bajakah
manfaat kayu bajakah

Manfaat Kayu Bajakah, Tumbuhan Kalimantan Yang Anti Kanker?

Manfaat Kayu Bajakah – Kayu bajakah atau nama latinnya Spatholobus littoralis Hassk ialah tanaman dari daerah pedalaman Kalimantan Tengah yang sudah lama dipakai oleh suku Dayak untuk membantu obati berbagai macam penyakit. Tetapi, tanaman ini belum pernah dibudidayakan secara massal sebabnya belum banyak orang yang mengerti akan manfaatnya.

Tanaman bajakah mempunyai ciri-ciri berupa ukuran batang yang besar dan kokoh. Akar dari tanaman ini dapat tumbuh sangat panjang dan akan merambat sampai lebih dari ketinggian 5 meter. Pada bagian akar inilah yang digunakan oleh masyarakat asli untuk diracik sebagai obat beragam penyakit.

Untuk memeriksa keaslian produk kayu Bajakah, kamu dapat langsung melihat konsentrasi produknya. Dari faktor warna kayu Bajakah memiliki warna cokelat kemerahan juga permukaan kayu yang lembut. Sementara itu, untuk kayu palsu memiliki warna lebih hitam dan tekstur kasar saat dipegang.

Jenis-Jenis Pohon Bajakah

1. Bajakah Tampala (Spatholobus Littoralis Hassk)

2. Bajakah Lamei

3. Bajakah Kalalawit (Uncaria Gambir Roxb)

Manfaat Kayu Bajakah untuk Kanker?

Pada tahun 2019, terdapat tiga pelajar SMA asal Indonesia meraih medali emas pada ajang World Invention Creativity Olympic di Seoul, Korea Selatan karena riset mereka mengenai Manfaat Kayu Bajakah yang bisa menyembuhkan kanker.

Terkait:   7 Manfaat Jeruk Bali, Untuk Jantung Sehat dan Kulit Cantik

Pada riset mereka, ketiga pelajar tersebut menemukan jika kayu bajakah bisa digunakan untuk mengobati penyakit kanker pada tikus lab. Kayu bajakah juga diduga memiliki senyawa alami flavonoid dan saponin yang terbukti antikanker.

Akan tetapi, untuk bisa dipakai sebagai obat, kayu bajakah harus melalui beragam tahap uji klinis. Untuk pengobatan manusia, uji klinis harus dilakukan dalam 3 fase yaitu untuk mengetahui cara kerja, keampuhan, batas aman dosis obat, dan efek samping yang bisa ditimbulkan obat.

Dilansir dari alodokter, dibawah ini ialah khasiat kayu bajakah:

Menangkal radikal bebas

Senyawa fenolik yang ada dalam kayu bajakah diketahui memiliki aktivitas antioksidan yang dominan dan mampu menangkal radikal bebas.

Mencegah infeksi bakteri

Kayu bajakah ini diduga memiliki kandungan senyawa alami yaitu seperti flavonoid, saponin, tanin, dan polifenol yang berguna untuk mencegah infeksi bakteri.

Mempercepat penyembuhan luka

Senyawa saponin dan tanin yang terdapat pada kayu bajakah diduga bisa merangsang pembentukan pembuluh darah baru pada luka, yang dapat mendukung proses penyembuhan luka.

Pemakaian kayu bajakah untuk mengobati kanker sepertinya masih terlalu dini dan memiliki risiko. Dengan demikian, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.