cara merawat bodi mobil
cara merawat bodi mobil

Cara Mudah Merawat Cat Bodi Mobil

Cara Merawat Bodi Mobil – Bagian mobil yang perlu dirawat tidak hanya bagian interior, akan tetapi merawat bodi mobil juga penting. Eksterior mobil pun penting untuk dirawat supaya tampilannya tetap prima dan enak dipandang.

Biasanya pada bagian bodi mobil yang kurang terawat terlihat kusam serta terdapat kotoran yang lengket sehingga membuatnya berkerak dan sukar untuk dibersihkan.

Tips Perawatan Bodi Mobil

Terkait: Jangan Sepelekan, Ini Penyebab Busi Mobil Basah

Dibawah ini ialah cara merawat bodi mobil yang bisa dilakukan dengan mudah diambil dari berbagai sumber.

  1. Cek Kondisi Eksterior Mobil

Pada dasarnya jika keadaan bodi mobil yang baik dan bersih akan membuat kamu mudah saat melakukan pemeriksaan kondisi eksterior bodi mobil. Kamu dapat menandai jika terdapat panel bodi yang penyok atau rusak sehingga bisa langsung dibawa ke bengkel bodi terdekat supaya diperbaiki.

  1. Hilangkan Noda Membandel

Periksalah bagian luar mobil yang mungkin terkena efek dari polusi aspal, udara dan serangga. Pakailah cairan khusus untuk membersihkan noda dan serangga, jangan mencongkel karena dapat menjadikan badan mobil terbaret. Pada bagian kaca, bisa memakai glass cleaner supaya tidak berkabut. Cairan khusus ini pun bisa melapisi kaca sehingga membuat air hujan langsung meluncur turun seperti air yang ada di atas daun talas.

  1. Memoles Bodi Mobil

Memoles bodi mobil bisa membuat kotoran terangkat jika ada yang menempel pada bodi mobil sehingga membuat permukaan mobil bersih dan tampak berkilau. Selain daripada itu, pada tahap terakhir proses poles mobil akan dilakukan waxing untuk memberikan perlindungan ekstra di permukaan cat dengan mengaplikasikan bahan pelindung khusus untuk menahan pancaran sinar matahari yang terik.

  1. Membersihkan Bagian Kabin Mobil, Bagasi, sampai Ruang Mesin
Terkait:   Bingung Mau Pilih Mobil Bekas Manual atau Matic? Baca Tips Membeli Mobil Bekas Matic Ini Yuk!

Untuk melakukan ini, keluarkanlah semua karpet mobil lalu bersihkanlah memakai siraman air bersih juga sabun pembersih. pakailah vacum cleaner guna membersihkan kotoran pada bagian dalam kabin yakni seperti pada kolong jok dan dasbor, tempat penyimpanan, juga pada celah di jok yang mempunyai kemungkinan kotor seperti remah-remah makanan, juga termasuk area bagasi. Hindarilah untuk menyemprot bagian ruang mesin memakai air yang bertekanan tinggi, khususnya pada bagian yang berhubungan dengan sistem kelistrikan. Pakailah lap basah untuk membersihkan kotoran.

  1. Rutin Cuci Mobil

Cuci mobil dengan rutin bisa menjadi Cara Mudah Merawat Cat Bodi Mobil. Pastikan jika mobil kering dengan baik supaya tidak mengakibatkan water marks atau jamur pada bodi atau permukaan kaca mobil.

Bagian Kolong mobil juga menjadi perhatian apalagi saat musim hujan dimana banyak kotoran menempel yang dapat mengakibatkan korosi. Cek pada bagian yang dapat menyimpan air, seperti wiper, panel pintu, celah gril, tutup tangki dan foglamp. Perhatikan juga celah diantara rangka mobil dan pintu.

Baca Juga: Terbaru, Cara Daftar Kurir Paxel Online dan Syaratnya

Check Also

sebab busi basah

Jangan Sepelekan, Ini Penyebab Busi Mobil Basah

Penyebab Busi Mobil Basah – Busi berasal dari bahasa Belanda, bougie yang aslinya merupakan bahasa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *