usia aki kering
usia aki kering

Berapa Lama Umur Aki Kering Mobil?

Umur Aki Kering Mobil – Berapa lama sebenarnya umur pemakaian untuk aki kering mobil? Apakah sama dengan aki basah mobil? Pertanyaan ini masih banyak ditanyakan oleh pemilik mobil yang masih belum pasti mengenai usia penggunaan antara aki kering dan aki basah untuk kendaraan baik mobil maupun motor.

Pengertian aki mobil

Terkait: Cara Cegah Aki Jadi Soak Saat Mobil Lama Tidak Dipakai

Dilansir dari wikipedia, Akumulator atau aki (bahasa Inggris: accumulator atau accu) ialah sebuah alat yang bisa menyimpan energi listrik. Di Indonesia orang lebih menyebutnya dengan kata aki atau accu dan mempunyai makna yang sama yaitu baterai mobil. Namun jika kita mengacu pada kata pada bahasa Inggris, kata akumulator bisa saja mengacu kepada komponen baterai, kapasitor, kompulsator, san lainnya.

Aki sebagai sumber listrik ini mampu menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia. Pada timbalnya di setiap satu sel mempunyai daya listrik sebesar 2 volt, dengan demikian aki berdaya 12 volt mempunyai 6 sel, sedangkan aki 24 volt mempunyai 12 sel.

Rentang Usia Pemakaian Aki Mobil

Fungsi aki pada mobil bertujuan untuk digunakan dalam menyuplai tenaga listrik melalui kabel ke komponen yang memang mebutuhkan daya listrik.

Pemakaian aki kering pada mobil berjangka waktu 1 sampai 2 tahun. Oleh karena itu mengapa pada aki mobil kering yang baru hanya menawarkan garansi 1 tahun. Walaupun demikian jika perawatannya benar maka usia pakai aki kering dapat mencapai 2 sampai 3 tahun. Untuk aki basah dapat mencapai usia pemakaian hingga 3 sampai 4 tahun tergantung dari kondisi.

Terkait:   Mau dapat Harga Subwoofer Murah Tapi Tidak Murahan? Baca Ini..

Yang perlu diingat ialah usia pemakaian aki sekitar 1- 3 tahun ialah usia pakai rata-rata aki mobil kering dengan beban pemakaian normal.

Jika pemakaian beban listrik mobil sudah berlebi akibat dari pemasangan aksesori atau lainnya, maka bisa memperpendek usia aki mobil kering. Jika pada aki basah yang harus diperhatikan ialah level air aki yang harus dijaga. Jika tidak dirawat maka bisa memperpendek umur aki basah.

Cara merawat aki mobil

Dibawah ini ialah tips dalam merawat aki mobil yang diambil dari berbagai sumber:

  • Periksa tanggal produksi aki sebelum beli.
  • Panaskan mesin secara rutin, gunanya untuk mengisi aku melalui alternator.
  • Periksa kutub aki dan bersihkan jika ada kotoran atau kerak putih.
  • Periksa aki secara rutin.
  • Jangan membebani aki dengan pemakaian aksesoris kelistrikan mobil yang berlebih
  • Jika perlu bisa dilakukan pengisian aki mobil.

Baca Juga: Pilih Mana Aki Basah Atau Aki Kering?

Check Also

isi tekanan ban dengan benar

Tau Nggak Kalau Tekanan Udara Ideal Ban Bisa Diukur Pakai Tangan

Cara Mengukur tekanan udara ideal ban – Pada saat-saat tertentu pastinya kita dihadapkan dengan masalah …

Leave a Reply

Your email address will not be published.