Tips Membeli Sound System Mobil  untuk Pemula

mengganti audio mobil

Tips Membeli Sound System Mobil  untuk Pemula – Memang sanngat menyenangkan jika kamu mendengarkan musik yang kamu suka di dalam mobil ketika perjalanan. Apalagi saat ini dengan kemajuan teknologi audio dan video makin memanjakan kamu dalam kendaraan.

Perangkat audio mobil sekarang tidak hanya sebagai pelengkap tapi juga kini menjadi difungsikan sebagai hiburan multimedia audio dan video. Namun  Head unit standar pabrikan tidak mempunyai fitur yang lengkap,sehingga kualitas suaranya kurang greget. Berbeda dengan Perangkat Audio Mobil modifikasi aftermarket. Perangkat Audio aftermarket punya fitur dan teknologi multimedia yang lebih lengkap.

mengganti audio mobil
mengganti audio mobil

Hal ini memungkinkan untuk mendengarkan musik dan juga untuk hiburan multimedia seperti menonton video. Jika ini ialah kali pertama kamu membeli audio system untuk mobil maka berikut ini ialah panduannya:

  1. Informasi lengkap produk Audio mobil

Jika ini ialah baru pertama kali kamu membeli perangkat audio mobil, maka carilah info sebanyak-banyaknya. Tidak semua produk mahal sudah pasti baik. Banyak juga Importir yang dengan massif mempromosikan produk audio mobil agar dikenal orang. Jadi harga perangkat audio menjadi mahal padahal sebenarnya kualitasnya biasa saja.

Mulailah mengenal spesifikasi audio mobil seperti : Istilah RMS ialah acuan yang dipakai untuk menilai daya murni piranti audio. Hal ini beda dengan PMPO dimana daya lebih besar. Apabila head unit kamu mempunyai daya yang kecil pilihlah speaker yang punya sensitivitas tinggi yaitu sekitar 90dB. Semakin tinggi sensitivitasnya maka semakin efisien daya yang dibutuhkan.

  1. 2. Periksa Kelengkapan fitur Head unit

Head Unit mobil yang bagus kualitasnya punya fitur kontrol audio yang lebih lengkap. Pemilihan head unit dengan jalur koneksi audio pre out, Front, Rear dan Subwoofer. Gunanya ialah jika kamu ingin menambahkan lagi tambahan amplifier untuk mobil

  1. Memilih Speaker Mobil

Apabila Speaker kendaraan kamu suaranya dirasa masih kurang bagus maka ganti dengan Speaker mobil yang lebih baik mutunya. Semua mobil sudah terpasang speaker dari pabrikan. Akan tetapi mutunya tentu saja masih kurang bagus. Banyak bengkel audio mobil menjual beragam merek Speaker mobil.

Sebelum kamu membeli periksa dulu spesifikasinya, seperti berapa daya yang ada untuk kebutuhan audio mobil kamu. Apabila kamu memakai amplifier,sebaiknya pilihlah speaker mobil yang jenis split. Salah satu alasannya ialah Speaker ini mempunyai kualitas yang lebih baik dikarenalan beberapa komponen nya dibuat secara pisah (midrange,tweeter dan crossover passive)

  1. Selera musik menentukan Jenis Audio system

Tips Membeli Sound System Mobil  untuk Pemula berikutnya ialah factor selera musik yang kamu mau. Berkomunikasilah dengan tukang audio mengenai produk yang mana yang sesuai dengan karakter musik yang sering kamu mainkan.

Biasanya sang Instalatur tentu akan memberi ide dan saran tentang perangkat audio yang cocok berdasarkan jenis musik yang kamu mainkan.

Semoga tips diatas berguna untuk kamu yang sedang merencanakan untuk mengganti audio mobil pabrikan menjadi aftermarket.

Semoga  berguna!

 

Baca Juga : Penasaran Sama Komponen Baru 5 Motor Tim Pabrikan MotoGP? Baca Ini..

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *