Resiko Pakai Oli Gardan Mobil Yang Tidak Sesuai Spek Mesin

Resiko Pakai Oli Gardan Mobil Yang Tidak Sesuai Spek Mesin – Oli gardan merupakan salah satu komponen penting dari mesin mobil. Untuk mobil bekas yang masih memakai gardan, maka olinya harus diganti secara berkala sesuai dengan buku petunjuk servis.

Untuk ukuran idealnya ialah melakukan penggantian oli gardan mobil dilakukan pada setiap 40.000 kilometer sekali.

Penggantian oli gardan juga tidak hanya wajib sesuai jadwal namun juga harus sesuai dengan spesifikasi oli yang tertera pada buku manual mobil.

oli gardan mesin
penggantian oli gardan mesin

Setiap oli yang ada di pasaran dibuat untuk kebutuhan yang berbeda. Seperti oli gardan yang dibuat juga harus bisa bertahan terhadap gesekan tinggi komponen yang berputar di dalam mesin.

Jika salah dalam menggunakan spek oli gardan mobil, maka dapat menyebabkan kerusakan yang serius pada komponen gardan mobil kamu.

Pemakaian oli gardan itu harus sesuai dengan spesifikasi yang ada. Misalnya menggunakan oli SAE 90W GL5 maka wajib pakai spesifikasi itu bukan jenis lain.

Jika dipaksakan memakai oli gardan dengan jenis yang jauh lebih encer seperti SAE 80W atau bahkan jenis lebih rendah maka gesekan yang terjadi semakin besar dan bisa membahayakan mesin.

Pakailah oli gardan mesin yang sesuai dan asli, jangan bereksperiman karena nantinya akan mahal biaya perbaikannya jika terjadi kerusakan parah.

Baca Juga : Rencana Beli Mobil Bekas Harga Rp 50-60 juta? Ini Dia Pilihannya

Masih Butuh Info ? Klik Artikel Terkait Yang Ada di Bawah Ini :

  • Leave a Comment