Mobil Tips dan Trik

Rawat AC Mobil Kamu Dengan Trik Mudah ini

Merawat AC Mobil – Kabin Mobil kamu  panas? Maka periksalah pendingin udara atau air conditioner (AC) yang menjadi salah satu bagian dalam menambah faktor kenyamanan ketika berkendara. Walaupun demikian kamu pasti jarang yang memeriksa kondisi komponen AC mobil pada waktu tertentu.

AC mobil juga harus mendapatkan perawatan rutin bila ingin kondisi dan performa prima dalam kenyamanan dan kondisi kabin mobil kamu.

Lakukan penggantian pada tiap lima bulan terhadap filter AC kabin supaya tetap terjaga temperaturnya. Selain dari pada itu pemeriksaan rutin dapat menganalisa kerusakan spare part AC sejak mula, dan ongkos biaya perawatan tidak membengkak.

Dengan melakukan servis secara teratur dan perawatan yang benar pada AC mobil, kata Susanto, membuat AC jadi lebih awet dan bekerja secara normal. Sehingga akan selalu memberikan udara yang sejuk dan menyegarkan di saat kita berada dalam mobil.

cara merawat AC Mobil
cara merawat AC Mobil

Perawatan AC Mobil lain yang bisa dilakukan untuk merawat nya ialah meakukan pembersihan kisi-kisi AC di sekitar dasbor dan bagian lainnya. Untuk melakukan pembersihan di kisi-kisi AC kamu bisa memakai kuas kecil dan juga memakai alat vacuum cleaner supaya kotoran bisa bersih tersedot dan juga tidak masuk ke lubang kisi-kisi AC.

Tidak Hanya Menambah Freon

Banyak orang awam berpendapat  jika AC mobil yang tidak dingin paling freonnya saja yang habis atau kurang dan kamu tinggal tambah freon saja. Hal ini belum tentu benar, kamu perlu tahu bahwa freon pada AC mobil tidak akan habis untuk periode jangka waktu yang cukup lama. Itu berarti jika freon pada AC mobil kamu sering cepat berkurang atau juga habis maka mungkin terdapat kebocoran pipa sistem pendingin AC mobil kamu.

Ada baiknya telitilah dulu sebelum kamu menambah freon AC mobil, juga kenalilah beberapa ha penyebab AC mobil yang tidak dingin.

Dibawah ini ialah beberapa bagian dari AC mobil yang bisa kamu periksa sendiri untuk mengetahui jika AC mobil kamu prima atau tidak.

  1. Periksa kemungkinan bocor Pada Selang atau Pipa AC

Kebocoran bisa terjadi pada selang atau pipa AC yang umumnya disebabkan karena usia pemakaian mobil. Kebocoran pada bagian selang atau pipa AC mobil bisa membuat gas freon akan selalu berkurang dan jilang melalui lubang-lubang kebocoran yang ada tersebut

  1. Perhatikan Kondisi Kondensor serta Evaporator.

Pada kerusakan bgian evaporator dan kondensor juga disebabkan oleh usia pemakaian part mobil. Selain itu juga terkena benda dan kotoran seperti kerikil pada kondisi jalan yang buruk.

  1. Periksa dan Cek Kondisi Kompresor

Salah satu komponen AC ialah kompresor. Jika Kerusakan pada komponen kompresor terjadi Biasanya terdengar suara dari ruang mesin dimana terletak kompresor AC berada. Pastikan juga tekanan dan putaran pada kompresor AC optimal.

Semoga artikel cara Merawat AC Mobil diatas berguna.

 

Baca Juga : Jangan Sampai Habis, Ini Cara Mudah Isi Ulang e Toll Card Flazz BCA