Inilah Penyebab Lampu Depan Motor Redup

Penyebab lampu depan motor redup – Bagi sobat pengendara motor salah satu kenyamanan berkendara ialah lampu depan motor yang terang. Apalagi ketika sedang berkendara malam hari, jika lampu depan redup maka akan sulit untuk melihat ke depan. Penyebab lampu depan motor redup bisa dari beberapa hal, salah satunya ialah aki motor yang lemah. Untuk pembahasan kali ini akan dibahas penyebab lampu depan motor yang tidak terang ketika di gas.

Sistem penerangan motor tidak hanya lampu depan tetapi juga termasuk lampu belakang, lampu sen juga lampu-lampu instrumen lainnya. Jika lampu indikator kurang terang ketika di gas maka bisa diapstikan jika ada masalah dalam sistema kelistrikan motor dan harus segera ditangani.

Lampu Motor untuk Keselamatan

Untuk sistem penerangan lampu motor depan punya fungsi untuk menerangi bagian depan dari sepeda motor melaju pada malam hari atau ketika keadaan gelap seperti hujan atau mendung.

Pastikan lampu depan motor menyala saat melaju

Sobat pasti kurang nyaman dan kurang awas ketika mengendarai motor di waktu malam hari tetapi lampu depan redup dan tidak terang. Sehingga bisa membahayakan pengendara juga orang lain ketika di jalan. Banyak kejadian yang diakibatkan oleh penerangan yang kurang dijalan ketika malam dimana terjadi kecelakaan dan berakibat fatal. Oleh karena itu penyebab lampu motor redup harus segera diatasi demi keselamatan bersama.

Cara Mengatasi Lampu Depan Motor Redup dengan Mengganti Kabel

Salah satu penyebab lampu depan motor redup ialah arus listrik yang masuk ke lampu tidak dapat disalurkan kembali dengan baik ke body (ground). Jadi, bisa ditarik kesimpulan jika ada yang salah dengan kabel listirk yang menuju ke body ground.

Sobat bisa mencoba mencoba “mengurut” atau mengencangkan kabel motor yang berhubungan dengan lampu-lampu khususnya lampu depan. Umumnya untuk motor terdapat tiga cabang kabel untuk lampu depan. Ada kabel yang berwarna hitam yang tersambung dengan socket cabang dua dengan kabel yang juga berwarna hitam. Satu cabang terhubung dengan socket ke panel lain, dan satu cabang lagi terhubung ke body yang terletak di dekat spul pengapian busi.

Periksa kondisi kabel tersebut. Jika kondisi tembaga berwarna hitam atau karatan (korosi) maka bisa sobat ganti kabel tersebut dan coba hidupkan mesin motor. Biasanya jika telah mengganti kabel tersebut lampu depan motor akan terang kembali.

Jika ragu sobat bisa langsung ke bengkel motor terdekat untuk mengatasi penyebab lampu depan motor redup.

Berkendara dalam keadaan gelap sangat membahayakan apalagi ketika hujan tiba. Itulah mengapa sangat penting untuk selalu menyalakan lampu motor di jalan ketika gelap begitu juga menyalakan lampu sen ketika sobat akan belok.

Baca Juga : Penyebab Mobil Limbung, Ini Cara Mengeceknya

  • Leave a Comment