Penyebab Gigi Persneling Motor Keras dan Tidak Bisa Netral

Penyebab Gigi Persneling Motor Keras dan Tidak Bisa Netral

Penyebab Gigi Motor Keras dan Susah Netral – Halo Bikers, kali ini akan  kita share tentang  penyebab & tips cara mengatasi gigi persneling motor keras dan susah netral. Sering kali motor kesayangan kita mengalami masalah ini apalagi jika kita sibuk dan belum ada waktu untuk service ke bengkel.

Banyak bikers yang menemui masalah ini akan tetapi belum mengerti penyebabnya. Apalagi jika sedang fun ngeblar bersama teman. Kesal juga kan kalau sedang asik-asiknya berkendara dan mau pindah gigi motor bebek akan tetapi persneling sudah dan keras membuat mesin motor bisa rusak. Penyebab Gigi Persneling Motor Keras dan Tidak Bisa Netral akan dibahas selanjutnya.

Penyebab Gigi Persneling Motor Keras dan Tidak Bisa Netral
Penyebab Gigi Persneling Motor Keras dan Tidak Bisa Netral

Dalam hal ini susah pindah gigi motor manual persneling pertanda ada beberapa spare part yang perlu kamu cek dan mungkin diganti.

Penyebab Persneling Motor Keras dan susah oper gigi

Dibawah ini iaah hal yang menyebabkan persneling motor susah masuk :

Periksa Arm Pendorong Kopling

Jika  bola penekan arm otomatis serta alurnya sudah agak aus dan rusak, biasanya persneling gigi motor akan agak susah dipindahkan walaupunn baut speling sudah disetel dengan baik.

Cek Pelat Kopling

Jika onderdil  arm pendorong tidak ditemukan ada masalah, maka periksa dan cek pelat kopling. Jika bagian komponen ini sudah terlihat melengkung, maka posisi kerenggangan kampas kopling bisa jadi kurang maksimal. Oleh karena itu gear boks yang bekerja dan berputar akan mempersulit tangkai pindah drum pemindah gigi.

Jarak yang tidak pas Mur-Baut Penyetel Speling dan Tuas Persneling

Kalau di pasang terlalu sempit,  maka untuk pindah gigi akan mudah dan ringan. Akan tetapi akselerasi agak lamban. Namun Sebaliknya bila terlalu renggang maka perpindaha pindah gigi menjadi sukar. Karena ketika kerenggangan kampas kopling belum maksimal dan tangkai pemindah gigi sudah bekerja untuk menggeser posisi gigi perseneling motor. Oleh karena itu berakibat timbul hentakan, jarak ideal ya sekitar 3 mm.

Kondisi Rantai Yang Kendor

Salah satu Penyebab Gigi Persneling Motor Keras dan Tidak Bisa Netral  ialah masalah rantai yang kurang pas dan juga sering luput dari perhatian. Hal ini juga bisa mempengaruhi pergantian gigi motor bebek ketika sedang jalan. Walaupun dalam kondisi berhenti rantai yang ada terlalu kendor maka hal ini akan membuat kita susah meakukan perpindahan gigi presneling untuk menjadi Netral.

Diatas merupakan beberapa faktor penyebab susah dan kerasnya pindah Gigi persneling motor. Untuk lebih jelasnya KAmu bisa melakukan pemeriksaan pada bengkel  langganan.

Sebagai pengguna motor sehari-hari ada baiknya jika kamu mengetahui masalah dan penyebab juga solusi motor yang kamu pakai. Penyebab Gigi Persneling Motor Keras dan Tidak Bisa Netral sering di alami dan membuat berkendara tidak nyaman.

Penasaran mau tahu Tips dan Cara Mengatasi Mengatasi Gigi Persneling Motor Keras & Susah Netral ?

Baca terus yuk!

Cara Mudah Mengatasi Gigi Persneling Motor Keras  dan Susah Netral

Dibawah ini ialah cara mengatasi gigi persneling motor yang keras dan susah netral yang bisa kamu lakukan diantaranya yaitu:

Panaskan Mesin Motor

Lakukan ini ketika waktu pagi hari usahakan memanaskan mesin sekitar 3 menit . Periksa jika mesin panas bisa dengan menarik gas sedikit demi sedikit dan bertahap, jika mesin responsive maka mesin sudah cukup panas.

Pengunaan Oli Yang Bagus dan Berkualitas

Pastikan oli yang digunakan untuk mesin oli asli yang berkualitas supaya pelumasan mesin bagus. Baca manual mesin motor untuk jenis oli yang cocok untuk motor kamu.

Periksa dan cek Tali Kopling

Tali kopling motor harus dalam kondisi prima dan di setel dengan baik. Jangan terlalu kendur dan juga jangan teralu keras.

Semoga artikel Mengatasi Gigi Persneling Motor Keras & Susah Netral diatas berguna.

 

Jangan lupa juga untuk membaca artikel :

 

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *