Naik Motor Jangan Paksa Lewati Truk Besar, Ini Penyebabnya

Banyak berita kecelakaan yang melibatkan pengendara sepeda motor tertabrak oleh truk besar apalagi ketika mudik lebaran tiba. Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan sepeda motor menabrak truk besar ialah blind spot (area tak terpantau) truk besar.

Blind spot ini merupakan daerah yang tidak terpantau atau tidak kelihatan oleh pengemudi truk terhadap keberadaan objek yang ada juga disertai dengan kurang awasnya pengendara motor menjadi salah satu penyebab kecelakaan.

Apalagi jika diteliti lebih mendalam, biasanya pengemudi tidak tahu jika telah melindas atau menabrak kendaraan roda dua. Biasanya hal ini diakibatkan kurangnya antisipasi salah satu pengendara baik itu supir truk atau pengendara motor.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dari gambar berikut ini :

Blind spot truck

Faktor keterbatasan sudut pandang dari supir truk terhadap objek atau kendaraan lain yang ada di depan, samping atau belakang bisa berujung pada insiden yang berakibat fatal. Bisa jadi kemungkinan pengendara motor terlindas oleh truk dan sang supir tidak mengetahui jika telah melindas kendaraan yang ada di dekatnya.

Untuk posisi aman berkendara di depan kendaraan besar seperti truk tronton setidaknya berjarak kurang lebih sekitar lima sampai  enam meter. Angka tersebut merupakan kutioan dari Lembaga Federal Keselamatan Kendaraan Pengangkut Barang Amerika Serikat (FMCSA).

Supaya amannya, jangan terlalu dekat dengan kendaraan besar seperti truk atau bus.

Sumber : https://otomotif.okezone.com/read/2019/09/24/87/2108532/pengendara-motor-jangan-paksa-lewati-truk-besar-ini-alasannya?page=1

Baca Juga : Wajib Tahu! Ini Arti Warna Rambu Lalu Lintas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *