Apa Bahaya dan Manfaat Remap ECU Mobil

manfaat remap ECU mobil

Bahaya dan Manfaat Remap ECU Mobil – Untuk dapat menambah performa mesin mobil dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya ialah remap ECU mobil. Pastinya sobat ada yang ragu-ragu untuk melakukan REMAP pada ECU mobil. Dengan banyak alasan yang menjadi dasar, salah satunya ialah takut nantinya ECU Mobil justru menjadi bermasalah setelah di remap.

Bahaya remap diatas tersebut cukup beralasan. Akan tetapi yang harus diperhatikan ialah bahaya REMAP hanya terjadi jika sobat melakukan REMAP di sembarang TUNER bengkel mobil.

Beberapa manfaat dari remap ECU ialah meningkatkan performa mesin, tarikan menjadi enteng, dan konsumsi bensin menjadi lebih irit.

Apa yang dimaksud dengan Remap ECU?

REMAP ECU (Reflash ECU atau disebut juga Tuning ECU) ialah proses melakukan kalibrasi ECU mobil anda atau proses melakukan setting ulang ECU mobil sobat supaya sesuai dengan kebutuhan yang di inginkan.

ECU mobil toyota
ECU mobil toyota

Manfaat dari tuning atau remap ECU ialah :

  • Meningkatkan Horse Power Mobil
  • Menambah Kecepatan Mobil
  • Memperbesar Akselerasi Mobil
  • Membuat Torsi Mobil Menjadi Lebih Baik

Lalu adakah Bahaya dan Manfaat Remap ECU Mobil ini ? Tentunya ada manfaatnya, jika performa mesin mobil menjadi membaik maka membuat sobat akan menjadi ketagihan mengemudi karena mobil menjadi lebih responsif dan nyaman untuk dikendarai.

Lalu bagaimana REMAP ECU bisa meningkatan Horse Power Mobil?

Semua mobil yang keluar dari pabrikan, standar ECU nya sudah disetting. Settingan ECU ini biasanya membuat mesin mobil tidak mengeluarkan 100% performa mesinnya. REMAP ECU ini ditujukan untuk mengeset ulang batasan yang telah disetel oleh pabrikan mobil.

Dengan di modif sedemikian rupa, maka tenaga mobil sobat bisa keluar secara optimal. REMAP ECU mobil sangat tepat untuk mobil sobat yang bermasalah seperti :

  • Mobil ngempos (kurang bertenaga)
  • Tarikan mobil kurang
  • Tarikan gigi awal sangat berat
  • Konsumsi BBM boros

Jika sobat membandingkan antara REMAP ECU Mobil dan mengganti spare part saja, maka disarankan untuk melakukan remap saja. Apalagi jika biaya merupakan kendala dalam melakukan tune up mesin.

Sebagai gambaran, untuk meningkatkan performa mesin dengan mengganti spare part mobil dan melakukan modifikasi yang diperlukan bisa menghabiskan biaya sekitar 10 sampai 20 juta Rupiah (atau lebih), tergantung dari kebutuhan.

Dapat sobat bandingkan dengan melakukan REMAP ECU dengan rata-rata harga yang ditawarkan ialah berkisar antara 4 sampai 7 juta Rupiah. Perbandingan harga yang sangat jauh bukan antara biaya remap ecu mobil dengan mengganti spare part?

Yang harus diperhatikan untuk remap ecu mobil ialah pilihlah TUNER yang memang berkompeten dan memiliki banyak pengalaman. Karena jika sobat Cuma asal memilih tuner yang asal-asalan, maka bisa membuat bahaya melakukan remap ecu. Seperti  Resiko rusaknya ECU mobil, hasil settingan yang tidak memuaskan, mesin mobil menjadi bermasalah.

Baca Juga : Naik Motor Jangan Paksa Lewati Truk Besar, Ini Penyebabnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *