Aki Basah Motor di Periksa Biar Enggak Cepet Tekor, Lakukan Langkah ini

aki basah motor

Cara Memeriksa Aki Motor – Jika motor kamu masih memakai aki basah maka kamu harus tahu bagaimana sih cara memeriksa aki basah motor agar baterai atau aki basah tetap bisa awet dan juga bertahan lama.

Aki motor merupakan salah satu komponen penting yang harus kamu periksa secara rutin. Jika secara teknis perawatan aki/accu dirawat sesuai aturan maka usia pakai dapat mencapai sekitar 2 tahun. Pemakaian motor dengan wajar biasanya juga perlu mengganti aki setelah sekitar 2 tahun.

Akan tetapi secara fakta banyak sobat biker yang mengeluh jika umur aki cuma lebih dari 1 tahun, dan juga usia pakai aki kurang dari 12 bulan. Lalu bagaimana cara mudah memeriksa aki motor yang benar?

Simak artikel nya dibawah ini yuk :

Cara Mengecek Aki Basah Untuk Motor

Pada dasarnya terdapat 4 cara agar usia aki/accu maksimal. Jika dilakukan maka sesuai dengan yang di direkomendasikan oleh pabrikannya.

aki basah motor
aki basah motor

1. Isilah air aki sesuai dengan batasannya

Jika kamu ingin mengisi, disarankan pengisiannya tidak sampai lebih dari batas maksimal tanda UPPER di level yang ada di badan aki motor.

2. Periksa sebulan sekali

Minimal aki diperiksa satu bulan sekali dan periksalaha volume air aki yang ada didaamnya. Air aki yang ada jangan sampai berada di bawah garis lower level agar pengisian listrik ke aki dapat maksimal dan optimal.

3. Teliti juga sampai lubang ventilasi aki

Pada aki basah lubang ventilasi ini berfungsi untuk sirkulasi juga sebagai saluran pembuangan hawa panas yang ada dan berlebih dari dalam aki motor.  Apabila lubang pembuangan hawa panas dari aki sampai tersumbat maka hal terburuk ialah aki bisa meledak.

4. Kerak putih pada Terminal negatif dan positif aki

Untuk kamu ketahui, kerak di terminal aki dapat menghambat arus listrik di aki. Jika ada kerak putih, maka kamu harus segera dibersihkan dengan cara menyiramnya dengan menggunakan air panas.

Jika setelah disiram dan dibersihkan dengan menggunaknair panas maka jangan lupa untuk olesi kedua bautnya dengan menggunakan gemuk atau cairan yang bersifat seperti gel atau anti karat hal ini membuat baut di terminal aki untuk mudah dibuka.

Aki motor merupakansalah satu komponen penting dalam berkendara. Jika aki soak, maka motor anda akan sulit untuk di starter dan lampu-lampu motor akan redup bahkan tidak menyala. Semoga berguna.

 

Baca Juga : Penyebab Gigi Persneling Motor Keras dan Tidak Bisa Netral

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *