elebihan dan Kekurangan Mobil Listrik Wuling Air EV
Mobil Listrik Wuling Air EV

Simak Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik Wuling Air EV

112 View

Sebelum membeli Mobil Listrik Wuling, ada baiknya Anda Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik Wuling Air EV. Mobil listrik yang saat ini banyak diminati ialah Wuling Air ev. Akan tetapi, banyak juga yang ragu untuk membelinya.

Jika Anda mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan dari Wuling Air ev, maka Anda bisa mempunyai informasi yang lengkap sebelum memutuskan untuk meminang mobil listrik yang saat ini telah diproduksi di Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik Wuling Air EV

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik Wuling Air EV
wuling air ev

Saat ini Harga Wuling Air ev ialah Rp 238 juta (OTR Jakarta) untuk varian Standard Range. Lalu untuk Long Range, dihargai Rp 295 juta (OTR Jakarta). Untuk Harga Long Range with Charging Pile, harganya yakni Rp 311 juta (OTR Jakarta).

Dibawah ini ialah beberapa kekurangan dan kelebihan mobil listrik Wuling Air ev:

Terkait:   Spesifikasi Mobil Formula E: Top Speed 280km/Jam!

Kelebihan mobil listrik Wuling Air ev

wuling air ev
Kelebihan mobil listrik Wuling Air ev

1. Dapat Dicas di Mana Saja

Salah satu kelebihan Air ev ialah mobil ini dapat dicas di mana saja. Wuling juga menyediakan portable charger, sehingga mobil ini dapat dicolok di mana saja terdapat colokan listirk. Namun, untuk diketahui jika minimal daya listrik yang dibutuhkan untuk charging Air ev ialah 2.200 watt. Apabila terdapat tambahan alat-alat listrik lainnya saat mengecas, maka prosesnya menjadi tidak maksimal.

2. Dimensi yang Kompak

Jika dilihat dari dimensinya, maka mobil listrik ini memiliki ukuran yang sangat kompak. Air ev mempunyai panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm, dan tinggi 1.631 mm, juga jarak sumbu roda 2.010 mm.

3 Baterai yang Anti Air

Wuling mempunyai baterai yang sangat andal juga sesuai untuk karakter jalanan di perkotaan Indonesia yang terkadang digenangi air saat hujan. Baterainya telah dibuat tahan air dengan sertifikasi IP67.

4. Keunggulan Daya Jelajah

Air ev saat ini memiliki 2 type yaitu Standard Range dan Long Range. Untuk mobil Standard Range, sudah dibekali dengan baterai 17,3 kWh dan jalan sampai 200 kilometer. Untuk Long Range nya, baterainya memiliki kapasitas 26,7 kWh dan mampu menjelajah sampai 300 kilometer. Jika hanya digunakan di dalam kota saja, kapasitas diatas sudah sangat irit. Rata-rata kegiatan transportasi dalam kota saat ini hanya sekitar 50 kilometer.

Terkait:   Nggak Mau Kalah Dari Wuling, Nissan-Mitsubishi Siapkan Mobil Listrik Murah Rp 200 Jutaan

5. Dimensi Kabin yang Luas

Walaupun memiliki dimensi yang kompak, namun ukuran kabinnya cukup luas. Mobil listrik ini dapat menampung 4 orang dewasa. Bangku pada bagian depan juga sangat leluasa untuk diatur. Penumpang di belakang juga mempunyai ruang gerak yang cukup. Namun, jika Anda mempunyai postur di atas 170 cm, maka akan sedikit kurang nyaman, karena ruang yang terbatas.

6. Dilengkapi Fitur Perintah Suara

Wuling sudah memberikan teknologi perintah suara pada mobil ini, yaitu Wuling Indonesian Command (Wind). Anda dapat memberikan perintah kepada mobil untuk melakukan beragam pengaturan hanya dengan menggunakan perintah suara.

Kekurangan mobil listrik Wuling Air ev

wuling air ev
Kekurangan mobil listrik Wuling Air ev

1. Fast Charging

Mobil Wuling Air ev ini sayangnya belum mempunyai fast charging atau arus DC. Mobil listrik ini cuma dapat dicas memakai arus AC. Hal ini membuat pengecasannya sangat lama. Untuk mengecas baterai dari 40 persen sampai full 100 persen, dibutuhkan waktu 2,5 jam. Oleh karena itu, Wuling memberikan saran kepada pemilik Air ev agar melakukan charging mobil saat di rumah dan perlu waktu sekitar satu malam agar mobil optimal dipakai esok harinya.

2. Desain

Tak semua orang menyukai desain Air ev ini, walaupun telah hadir dengan desain yang futuristik. Walaupun demikian, masih terdapat banyak orang yang kurang “sreg” dengan desainnya tersebut. Banyak yang berpendapat jika tampilannya mengikuti model mobil pada umumnya.

Terkait:   Harga dan Spesifikasi DFSK Mini EV di Indonesia

3. Akses Terbatas Untuk Penumpang Baris Kedua

Wuling Air ev ini hanya mempunyai 2 pintu, hal ini yang membuat akses penumpang di baris kedua sangat terbatas. Jika penumpang di baris kedua akan naik atau turun, maka penumpang di depan harus turun dulu untuk agar akses keluar masuk penumpang di baris kedua bisa diberikan.

4. Ukuran Ban Langka

Wuling Air EV memiliki ban dengan ukuran 145/70 R12. Ukuran ban ini tergolong langka di pasaran saat ini. Untuk diketahui, saat ini hanya khusus di jual di bengkel resmi Wuling. Selain itu juga, ban untuk mobil listrik harus dibuat khusus karena spesifikasinya yang beda.

5. Belum Punya Teknologi ADAS

Pada mobil listrik lainnya, yakni seperti Hyundai Ioniq 5, telah dibekali teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS). Akan tetapi untuk Air ev, fitur canggih ini tak ada. Fitur ini memiliki kelebihan seperti cruise control, Lane Keeping Assist, Lane Following Assist, Forward Collision-avoidance Assist, dan sebagainya.

 

Gallery for Simak Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik Wuling Air EV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *