Fiat Uno, Harga, Spesifikasi, Kelebihan dan Kelemahannya

Kelebihan dan Kelemahan Fiat Uno – Fiat ialah merk mobil pabrikan Italia yang pernah populer di Indonesia pada sekitar tahun 60an. Pada tahun ini, merk Fiat berada langsung dibawah tangan Fiat Automobile SA lalu berpindah keagenan melalui Daha Motor.

Di awal tahun 80an, merk Fiat lambat laun menghilang dari pasaran mobil Indonesia. Walaupun begitu, Fiat akhirnya kembali ke pasaran pada akhir dasawarsa tahun 80an dan awal 90an melalui ATPM yang baru dibawah bendera Astra Mobil dengan nama PT Federal Motor yang juga menjual produk sepeda motor Honda. Produk pertama yang dijual Fiat di Indonesia setelah vakum dari pasar ialah Fiat Uno.

fiat uno
fiat uno

Fiat Uno di negara asalnya Italia telah beredar sejak tahun 1983. Dengan harganya yang terjangkau menjadikan mobil ini sangat laku di Eropa.

Untuk pasar Indonesia , Fiat Uno baru diluncurkan pada tahun 1988 dengan hanya 1 tipe saja yaitu Fiat Uno 70 SL. Model pertama Fiat Uno ini mempunyai desain khas 80an yang memiliki lampu depan kotak besar, grill besar, kaca belakang lebar, lampu belakang kotak dan motor wiper yang menempel di body.

Desain mobil Fiat Uno ini dibuat oleh desainer otomotif yang terkenal di Italia yakni Giorgetto Giugiaro.

Mesin Fiat Uno

Dapur pacu Fiat Uno I di Indonesia ialah mesin Fiat 128 SOHC dengan kode mesin 138.B2.000 yang punya spesifikasi 4 silinder SOHC 8 valve dengan kapasitas 1301cc dan berpendingin cairan.

Dengan memakai sistem karburator, mesin 1301cc ini bisa menghasilkan tenaga 67Hp pada 5700Rpm dan torsi 100Nm pada 2900Rpm. Mobil ini juga mempunyai 5 transmisi percepatan manual untuk menggerakkan rodanya.

Harga Mobil Fiat Uno

Saat ini mobil lawas ini dibanderol dengan harga Rp 10 Juta – Rp 18 Jutaan dipasaran keluaran tahun 90an. Sebelum membeli mobil ini ada baiknya kamu mempertimbangkan kelebihan dan kelemahan Fiat Uno.

Fiat Uno Modifikasi

Kelemahan Fiat Uno

  1. Spare Part

Karena mobil ini sudah termasuk uzur dan jumlahnya tidak banyak maka kendala utamanya ialah Spare part. Jika pun ada, maka harga spare partnya sudah pasti mahal.

Pada jenis Part mobil Fiat uno tertentu cukup mudah dan dan relatif terjangkau harganya, akan tetapi untuk Fiat Uno 2 cukup mahal dan langka.

Salah satu toko part Fiat Uno yang terkenal ialah di Sawah Besar Jakarta untuk komponen mesin dan body masih ada satu lantai yaitu di lantai 4.

2. Bengkel Sulit Untuk Modif

Alasan yang umum ialah sulitnya mendapatkan spare part mobil lawas ini. Namun jika spare partnya tersedia maka bengkel akan mudah melakukan service atau modifikasi.

3. Sulit Untuk Dijual Kembali

Untuk menjual mobil fiat uno ini sangat sulit dikarenakan umurnya yang sudah terlalu lawas, dan juga peminatnya sangat sedikit.

Kelebihan Fiat Uno

  1. Irit dan kencang

Mobil ini terkenal irit dan juga kencang di kelasnya jika perawatannya bagus. Konon mobil ini mampu melesat sampai 170 Km/jam.

2. Antik

Karena populasinya yang sedikit maka mobil ini tergolong antik dan mampu mencuri perhatian, apalagi jika sudah dimodifikasi.

Baca Juga : Beli Mesin Gelondongan? Ini Pendapat Polisi

  • Leave a Comment