Hong Guang Mini EV mobil listrik china
Hong Guang Mini EV mobil listrik china

Cuma Rp 65 Jutaan, Mobil Listrik Wuling Bakal Geser Tesla?

Mobil listrik Wuling – Ditengah gencarnya gaung mobil listrik, mobil listrik wuling sedang mencuri perhatian di negeri pembuatnya. Penyebabnya ialah penjualannya saat ini meroket dan mengalahkan mobil listrik termurah produksi Tesla.

Bersumber dari oto.detik.com, Di China sedang gencarnya dalam memproduksi kendaraan listrik produksi lokal. Bahkan harga mobil listrik buatan China ini terbilang sangat murah dibanding Tesla.

Salah satu jenis mobil listrik ialah Hong guang Mini EV buatan Wuling dengan harga jual yaitu Rp 65 jutaan dan ini membuatnya banyak dibeli bak jagung bakar.

Mobil Wuling Hong Guang Mini EV

Mobil listrik yang dibuat oleh SAIC Motor yaitu salah satu produsen otomotif yang terbesar di China. Mereka merkait mobil Wuling Hong Guang Mini EV ini dan dibangun sebagai bagian dari kerja sama dengan produsen raksasa mobil AS, General Motors (GM) dan juga Wuling Motors.

Terkait: Fakta Menarik Tentang Mobil Listrik

Menurut Direktur Pelaksana Grup Riset Pasar China, Shaun Rein mengatakan jika pemerintah China punya ambisi megah dalam membuat kendaraan listrik sendiri di negaranya.

Hong Guang Mini EV
Hong Guang Mini EV

Pemerintah Tiongkok sangat serius dalam mengurangi polusi dan menjadi pemimpin utama dunia dalam menerapkan serta mempromosikan inovasi kendaraan listrik seperti dikutip BBC.

Penjualan Meroket

Pada paruh kedua tahun 2020, Wuling Hong Guang Mini EV telah mencapai prestasi penjualan sebanyak lebih dari 100ribu unit. Prestai ini menempati peringkat kedua berada di belakang Tesla Model 3 yang dibuat di pabrikan Shanghai.

Selain itu juga pada bulan Januari 2021, penjualan mobil listrik Wuling Hong Guang Mini EV ini telah mencapai sebanyak 25ribuan unit di China sendiri. Hal ini telah berhasil meruntuhkan posisi Tesla Model 3 yang pada waktu itu berada pada peringkat satu.

Terkait:   Jangan Sepelekan, Ini Penyebab Busi Mobil Basah

Akan di Ekspor Ke Luar Negeri

Diprediksi penjualan mobil listrik dari China ini dapat terus melonjak naik selaju dengan adanya rencana untuk mengekspor produk kendaraan listriknya ke luar negeri.

Walaupun bersaing ketat dengan mobil listrik murah, Mobil EV Tesla tetap menjadi salah satu kendaraan kendaraan listrik incaran untuk kalangan menengah ke atas karena mempunyai fitur yang lebih unggul.
Selain itu juga Tesla berencana untuk menggandakan penjualan mobilnya di Tiongkok sampai dua kali lipat.

Untuk memasarkan dan menjual Hongguang Mini EV, perusahaan patungan SAIC-GM- Wuling telah membangun tak kurang dari 100 dealer di China. Sebagian besar di antaranya berada di kota yang sibuk bertujuan menarik minat orang sebanyak mungkin.

Diberitakan juga jika Wuling akan memasarkan produk ini ke beberapa negara di luar China. Salah satunya berprioritas di wilayah Eropa dan Amerika Utara. Lalu apakah mobi listrik Wuling ini akan masuk Indonesia?

Baca Juga: Kendaraan Diesel Akan Dilarang di Singapura Mulai 2025

Check Also

kaca mobil

Rekomendasi Jenis Kaca Film Mobil Yang Bagus

Rekomendasi Jenis Kaca Film Mobil Yang Bagus – Tidak cuma membikin hawa dalam kabin mobil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *