5 Perbedaan SUV dan MPV

101 View

Perbedaan suv dan mpv – Meskipun banyak orang mengira bahwa SUV dan MPV adalah jenis mobil yang identik, ternyata kedua jenis mobil ini memiliki perbedaan yang signifikan. Berikut ini adalah lima perbedaan utama antara SUV dan MPV.

Beda Antara Mobil SUV dan Mobil MPV

Diambil dari situs Daihatsu.co.id, beda yang paling dasar antara mobil Sport Utility Vehicle (SUV) dan Multi Purpose Vehicle (MPV) ialah pada fungsinya. SUV ialah jenis mobil sport, mobil ini biasanya dikenal sebagai perpaduan mobil jip dan sedan. Dari bentuk, ukuran dan kekuatan mesin mobil SUV sudah disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan sport. Untuk model jenis mobil sport ini umumnya dirancang kuat dan tangguh menjelajah di segala medan.

1. Bentuk fisik SUV dan MPV sangat berbeda.

SUV memiliki bentuk yang lebih kotak dan lebih tinggi. Sementara itu, MPV memiliki bentuk yang lebih panjang dan lebih rendah. Ini membuat SUV ideal untuk berkendara di medan yang berat, sementara MPV lebih cocok untuk berkendara di jalan raya.

2. Suspensi

SUV memiliki suspensi yang lebih keras dan sudut pendek miring yang membuatnya lebih mudah bermanuver di medan tidak rata. MPV memiliki suspensi yang lebih lembut dan sudut miring yang lebih panjang, sehingga lebih cocok untuk ritel jalan raya.

Terkait:   Spesifikasi Mobil Honda Br V

3. Tingkat Kenyamanan

SUV memiliki tingkat kenyamanan yang lebih rendah dibandingkan dengan MPV. Karena mereka memiliki suspensi yang lebih keras, mereka dapat menyebabkan kenyamanan yang lebih sedikit bagi penumpang. Sementara itu, MPV memiliki suspensi yang lebih lembut dan tingkat kenyamanan yang lebih tinggi.

4. Daya Tahan

Mobil SUV menawarkan daya tahan yang lebih tinggi dibandingkan dengan mobil MPV. Ini disebabkan oleh komponen yang lebih kuat dan suspensi yang lebih keras. Sementara itu, MPV lebih bergantung pada kenyamanan daripada daya tahan.

5. Konsumsi Bahan Bakar

SUV lebih boros bahan bakar dibandingkan dengan MPV. Ini disebabkan oleh suspensi yang lebih keras, sehingga mereka menggunakan lebih banyak bahan bakar untuk menjaga performa. Sementara itu, MPV lebih hemat bahan bakar karena suspensi yang lebih lembut.

Dengan mengetahui perbedaan utama antara SUV dan MPV, Anda dapat membuat keputusan yang bijaksana saat membeli mobil. Jika Anda ingin berkendara di off-road, Anda harus mempertimbangkan membeli SUV. Namun, jika Anda ingin berkendara di jalan raya, MPV mungkin pilihan yang lebih tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *