Tol Cimanggis-Cibubur (Cibitung) Seksi 1 Telah Beroperasi, Ini Tarifnya

Tol Cimanggis Cibubur – Seperti dikutip dari kompas.com, PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCT) telah mengoperasikan jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1 (Junction Cimanggis–On/Off Ramp Jatikarya) pada Selasa tanggal 10 November 2020.

Jalan tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 25,38 KM yang melewati Cibubur ini dioperasikan oleh PT CCT yang merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dengan sebagian besar sahamnya dimiliki oleh PT Waskita Toll Road atau WTR.

Dasar hukum untuk mengoperasikan ruas tol ini ialah dengan dasar Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1541/KPTS/M/ 2020 yang tertanggal 30 Maret 2020.

Nanti bila sosialisasi sudah selesai, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menetapkan tarifnya. Jalan tol Cimanggis-Cibubur ini akan bertarif Rp 5.500 untuk kendaraan Golongan I dengan jarak terjauh dari Junction Cimanggis sampai tujuan On/Off Ramp Jatikarya.

Untuk kendaraan Golongan II, tarif yang berlaku Rp 8.000, dan kendaraan Golongan III Rp 10.500.

Dengan dioperasikannya Tol Cimanggis-Cibitung (Junction Cimanggis-On/Off Ramp Jatikarya), maka jumlah tol yang dimiliki WTR akan menjadi 9 ruas.

Peresmian ruas tol ini juga sebagai tanda bertambahnya jumlah ruas tol yang beroperasi milik WTR menjadi total 9 ruas tol. Jalan bebas hambatan ini nantinya akan menghubungkan akses dari Cibubur ke Tol Jagorawi.

Dengan demikian diharapkan akan mempersingkat waktu tempuh menjadi sekitar 5-10 menit. Sebelumnya, akses Jalan Transyogi atau Alternatif Cibubur yang berasal dari Tol Jagorawi memakan waktu tempuh sekitar 30-40 menit.

Beroperasinya jalan tol ini akan menjadi akses pengurai kemacetan yang selama ini selalu terjadi pada Tol Cibubur-Tol Jagorawi sehari-hari. Selain itu juga, ruas tol Cimanggis-Cibitung ini nantinya akan membuka rute alternatif pada pengguna kendaraan apabila saat jam sibuk.

Baca Juga : Berapa Tarif Tol Jakarta-Cikampek? Ini Harga Detailnya

Masih Butuh Info ? Klik Artikel Terkait Yang Ada di Bawah Ini :

  • Leave a Comment