Tips Mudah Mengenali Stang Seher Motor yang Rusak

stang seher rusak

Cara Mudah Mengenali dan Memperbaiki Stang Seher Motor – Artikel kali ini kita akan membahas tentang mengenai bagaimana cara paling simpel mengetahui stang seher motor yang oblak atau rusak. Kalau motor kamu  sudah sering di bawa jalan apalagi diatas 2 tahun maka tentunya akan menemukan masalah stang seher yang kurang pas.

Untuk kamu ketahui, beban kerja setang piston “seher” sangat berat. Karena onderdi ini selain mendapatkan tekanan yang berasal dari piston motor, batang torak juga mendapatkan pembebanan yang meregang ketika langkah hisap dan tekukan pada saat merubah gerak lurus menjadi gerak putar.

Ada baiknya kita mengenal beberapa spare part yang berhubungan dengan stang seher motor:

stang seher rusak
stang seher rusak

Fungsi Batang Piston

  • Fungsi batang piston antara lain yaitu:
  • Menghubungkan piston dan poros engkol “kruk-as”
  • Merubah gerak lurus piston menjadi gerak pada poros engkol “kruk-as”
  • Memindahkan gaya piston ke poros engkol dan membangkitkan momen putar pada poros engkol “kruk-as”
piston motor
piston motor

Bahan untuk membuat piston sendiri terbuat dari baja. Untuk motor premium seperti motor balap setang piston biasanya terbuat dari titanium, karena bersifat ringan dan mempunyai kekuatan yang lebih bagus. Untuk motor-motor kecil yang dipakai keseharian, batang piston terbuat dari campuran alumunium agar tidak berat dan juga memperingan bobot setang piston.

Kruk As/Setang Seher

Salah satu komponen yang penting dalam mesin sepeda motor ialah stang seher atau kruk as, apabila komponen ini sudah mengalami kerusakan atau aus maka sangat disarankan untuk kamu segera menggantinya hal ini supaya motor kembali maksimal beroperasi

Mengetahui Bagaimana Penyebab Seher Motor Yang Rusak

Dibawah ini ialah ciri-ciri stang seher kurang bagus dan telah rusak (aus ) dan harus segera servis, diperbaiki atau diganti antara lain yaitu:

Suara Mesin

Ketika mesin dalam kondisi langsam, maka mesin motor akan mengeluarkan suara yang kurang bagus (normal) tepat pada bagian tengah mesin. Bunyinya serperti “bluk bluk bluk” biasanya tanda bahwa seher telah aus.

Getaran mesin menjadi lebih terasa dilihat dari getaran spionnya

Getaran di bagian stang seher akan terasa kencang dan kurang normal, bahkan jika masih di bawah 6000 rpm pun getaran mesin motor sudah sangat kuat.

Lalu bagaimana cara Mengetahui Stang Seher Motor yang Rusak

Tips Cara Tanpa Membongkar Mesin Motor

Jika terdapat suara yang kurang normal pada mesin seperti suara “bluk bluk” andanya komponen tersebut sudah mengalami aus atau sudah rusak.

Dengan Cara Membuka Kepala Silinder

Jika cara pertama belum bisa maka buka ah kepala silinder berserta silinder dan piston kemudian pegang stang seher berikutnya pukul-pukul pada stang seher tersebut dengan cara memakai tangan. Jika mengeluarkan suara atau bunyi bluk-bluk tandanya stang seher tersebut sudah aus atau rusak oblak.

 

Baca Juga : Penyebab Gigi Persneling Motor Keras dan Tidak Bisa Netral

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *