Tips Mengemudi Aman di Cuaca Panas dan Suhu Tinggi

Tips Mengemudi Saat Panas – Musim panas di beberapa tempat di Indonesia sedang memuncak dan juga suhu bisa mencapai 34-35⁰ Celcius. Jika kamu sedang melakukan perjalanan memakai mobil dengan jarak jauh, maka bisa disimak tips mengemudi di cuaca panas ini.

Suhu udara yang tinggi juga sinar matahari yang sangat terik dapat mempengaruhi kondisi mobil dan pengemudinya. Kedua hal tersebut dapat memberikan beban tambahan untuk mobil dan supir.

Dibawah ini ialah tantangan yang biasanya dihadapi mobil dan pengemudi ketika berkendara mobil dengan kondisi panas terik.

Waspada dengan suhu udara yang tinggi karena bisa menambah beban sistem pendingin mobil (AC) dalam mengusir panas mesin.

Apalagi jika mobil dalam kondisi yang terjebak kemacetan, karena risiko mesin akan mengalami panas yang berlebih (overheating) dapat terjadi.

Kamu harus memeriksa dan memastikan jika sistem pendingin mobil bekerja optimal. Salah satunya ialah dengan memeriksa apakah ada kebocoran di tutup radiator, slang radiator, dan radiator sendiri.

Selain itu tekanan ban juga harus diperiksa sesuai dengan ketentuan.

Faktor pengemudi

Sebelum melakukan perjalanan jauh ketika cuaca panas, kamu harus memastikan jika kondisi kamu fit dan sehat. Istirahat yang cukup sebelum bepergian, jangan begadang. Juga kamu bisa melakukan istirahat di rest area apabila lelah.

Baca Juga : Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Bau Sangit? Ini Solusi Menghilangkannya

  • Leave a Comment