Tips dan Trik Bersihkan Filter Udara Motor Kalau Dibiarkan Kotor Boros Bensin

filter udara motor

Tips dan Trik Bersihkan Filter Udara Motor – Sebelum Otodomain membahas cara dan tips membersihkan filter udara,  ada baiknya kamu mengetahui dulu apakah Filter udara motor itu.

Dilansir dari wikifungsi.com Komponen yang berada pada saluran intake mesin ini mempunyai fungsi yang tak kalah penting. Apa fungsinya simak penjelasan singkatnya dibawah ini :

Pengertian filter udara adalah sebuah element saringan yang berlokasi di tengah saluran udara intake yang memiliki fungsi menyaring udara yang masuk ke mesin dari kotoran dan debu.

filter udara motor
filter udara motor

Hal ini dikarenakan udara luar khususnya didaerah berdebu memiliki kandungan yang tentunya tidak baik untuk kesehatan mesin. Contohnya saat udara yang masuk mengandung debu maka debu tersebut dapat menyebabkan kerak didalam ruang bakar, kerak ini bisa memicu terjadinya engine brebet.

Sehingga Jika disimpulkan fungsi air filter sebagai pembersih udara intake itu cukup penting. Secara umum, filter udra terbuat dari element kertas khusus yang memiliki rongga yang bisa dimasuki oleh molekul udara, namun saat ini ada inovasi filter udara menggunakan bahan kain khusus atau kawat. mending kamu tahu dulu bahan dari penyaring udara tersebut.

Bahan yang digunakan Air Filter (filter udara)

Terdapat tiga macam bahan yang umumnya digunakan filter udara mesin motor. Di antaranya ialah sponge, kertas dengan lapisan oli dan lapisan kertas.

Pada saat ini motor lebih banyak yang menggunakan penyaring bahan kertas yang dilapisi oli Jika filter udara model ini kamu tidak bisa melakukan pembersihan, karena akan menjadikan air filter hancur.

Akan tetapi jika penyaring udara ini masih bagus dan bersih, jangan juga untuk lupa membersihkan bagian dalam box filter yang ada.

Tujuannya untuk meminimalisir kotoran yang masuk ke dalam ruang bakar

Untuk kamu ketahui waspadailah kotoran yang menumpuk di bagian part satu ini agar liner dan piston tidak mudah baret.

air filter sebelum dan sesudah di bersihkan
air filter sebelum dan sesudah di bersihkan

Persiapan sebelum membersihkan, periksa di balik box filter. Periksa jika ada kotoran jika ada maka filter sudah tidak berfungsi optimal. Jika sudah seperti ini maka segera ganti jangan hanya dibersihkan.  Cara membersihkan cukup dibantu air sabun kemudian bersihkan ke permukaan dalam box filter. Jangan lupa  keringkan sampai benar-benar kering dan bersih, setelah itu letakkan kembali filter udara pada tempat nya semula. Pada saat proses pembersihan, air jangan masuk ke throttle body dan ruang bakar.

Kebersihan filter udara motor sangat penting, karena akan mempengaruhi ruang bakar dan juga konsumsi BBM. Semoga berguna ya sobat!

 

Baca Juga : Aki Basah Motor di Periksa Biar Enggak Cepet Tekor, Lakukan Langkah ini

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *