Tekanan Angin Kurang Bisa Membuat Velg Mobil Cepat Peang

tekanan ban angin

Tekanan Angin Kurang Bisa Membuat Velg Mobil Cepat Peang – Berkendara ketika libur akhir pekan dengan mobil pribadi sangat menyenangkan, akan tetapi ada baiknya kamu melakukan pemeriksaan ringan pada mobil sebelum berkendara.

Salah satu hal yang harus kamu cek ialah tekanan ban pada mobil kamu. Ban merupakan salah satu part mobil yang harus diperhatikan pemilik kendaraan. Walaupun kelihatan tidak ada masalah akan tetapi pelek mobil dapat rusak jika tidak simetris dan juga bisa retak.

Apabila ini sudah terjadi, maka bisa saja membahayakan keselamatan penumpang mobil karena lantaran laju ban menjadi tidak sempurna.

Dibawah ini ialah beberapa tips dan cara yang bisa diperhatikan oleh para pemilik kendaraan untuk mencegah velg mobil peang.

tekanan ban angin
ilustrasi tekanan ban angin

Periksalah Tekanan Angin Ban

Untuk tekanan angin pada ban mobil memiliki, punya standar ukuran yang dapat kamu lihat pada buku manual atau di sekitar pilar B pada pintu mobil. Jika tekanan angin pada ban tidak sesuai, maka pada bibir pelek akan lebih mudah terjadi penyok/peang.

Pada masing-masing mobil ukuran tekanan anginnya akan berbeda. Misalnya pada mobil ukuran kecil seperti Agya, ban diwajibkan di isi dengan tekanan ban depan 29 PSI dan ban belakang 26 PSI.

Harus Sesuai Antara Ukuran Ban Dengan Velg

Jika ukuran ban yang tidak pas maka bisa merusak velg mobil. Setiap ukuran pelek terdapat ukuran standar minimal dan maksimal untuk penggunaan bannya.

Akan tetapi untuk kamu yang hobi modifikasi mobil maka hal tersebut biasa dilakukan supaya tampilan mobilnya keren.  Gaya ban keluar bodi ini dinamakan dengan ‘stretch out’.

Hindari jalan berlubang

Kondisi jalan tidak selalu mulus, apalagi ketika musim hujan tiba. Hindarilah jalan berlubang supaya agar pelek kamu tidak bengkok, bahkan pecah di bagian pinggir.

Kamu juga harus lebih waspada jika ban yang digunakan tipis, karena hal ini dapat membuat hentakan antara jalan dengan permukaan ban akan lebih terasa dan juga bisa membuat velg penyok.

Sebelum berkendara ada baiknya untuk memeriksa kondisi  mobil seperti ban, air radiator, aki dan juga rem mobil. Jangan sampai nanti mogok di jalan.

 

Baca Juga : Video Perbandingan Kekuatan Velg Replika VS Velg Asli

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *